10 Cara Berhenti Merokok



Tekad Bulat dan Konsisten

Halo Jakartans! Menjaga kebugaran tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan berolahraga. Namun juga menghentikan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok. Sebatang rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia, sebagian besar bersifat racun dan menyebabkan kanker.

Menghisap rokok setiap hari sama saja seperti menumpuk racun dalam tubuh. Hal ini akan berdampak pada memburuknya kesehatan si perokok ataupun orang yang dekat dengan perokok. Bisa dipastikan, seseorang yang berhenti merokok tidak akan mendapatkan kerugian apa pun. Sebaliknya, justru mendulang manfaat segudang setelah sumber racun itu lenyap.

Sebatang rokok dapat membuat Anda terkena berbagai macam penyakit yang sangat merugikan hidup Anda, mulailah berhenti sekarang juga demi masa depan yang cerah

Sebatang rokok dapat membuat Anda terkena berbagai macam penyakit yang sangat merugikan hidup Anda, mulailah berhenti sekarang juga demi masa depan yang cerah (via harnas.co)

Misalnya awet muda karena kulit wajah akan mendapatkan asupan oksigen lebih banyak dibanding saat merokok. Selain itu juga dapat mencegah penuaan dini dan kulit keriput. Begitu pun merokok membuat kita harus merogoh kocek lebih dalam. Sedikitnya sebungkus rokok yang dihisap setiap hari harus dibeli dengan harga Rp 20 ribu. Jika berhenti, kita menghemat pengeluaran Rp 600 ribu per bulan. Kita pun akan terlihat lebih menawan, karena gigi kekuning-kuningan dan penuh noda asap rokok bisa dihindari. Bau nafas pun akan lebih segar dari sebelumnya.

Terpenting, tubuh kita akan terhindar dari resiko penyakit mematikan. Salah satunya penyakit yang berpotensi menyerang perokok adalah kanker paru-paru, hipertensi, serangan jantung, stroke, kanker lidah, kanker mulut, dan kanker rahim. Kita pun akan memiliki keluarga yang sehat karena terlindungi dari bahaya asap rokok.

Bagi pasangan muda, harapan memiliki anggota keluarga baru lebih besar. Karena saat kita berhenti merokok, lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik. Ini berarti, kesempatan untuk memiliki buah hati jauh lebih besar dari pada saat Anda masih merokok. Berhenti merokok akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Apabila sirkulasi darah lancar secara otomatis akan berpengaruh terhadap sensitivitas dalam berhubungan. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Jika Anda memiliki niat untuk berhenti merokok, metode ini bisa dikombinasikan agar kebiasaan merokok benar-benar bisa dihentikan.

  1. Buat Target Waktu : Menghentikan kebiasaan merokok memang perlu waktu. Jika Anda benar-benar niat untuk berhenti merokok, buat target waktu kapan Anda ingin benar-benar berhenti.
  2. Tetap Konsisten : Ketika berhenti merokok, Anda mungkin akan merasa gelisah, sakit kepala, atau sangat bosan di awal-awal. Namun tetaplah konsisten. Jangan sampai tergoda untuk merokok kembali.
  3. Mencari Pengganti : Mengatasi kecanduan rokok bisa disiasati dengan mendapatkan tablet hisap atau permen karet. Mengunyah permen karet setelah makan lebih baik daripada merokok. Selain itu, nafas Anda akan terasa lebih segar.
  4. Melakukan Hipnosis : Hipnosis proses untuk memfokuskan pikiran dalam keadaan rileks dan mengubah perilaku seseorang. Anda bisa mencoba mencari terapis berlisensi untuk mencoba metode ini.
  5. Metode Relaksasi : Berhenti merokok memungkinkan Anda merasa stres. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan metode relaksasi, seperti pijat, yoga, ataupun menghela nafas panjang.
  6. Berpuasa : Orang yang sedang berpuasa tidak hanya dilarang makan dan minum, tetapi juga merokok. Berpuasa juga bisa menjadi metode untuk belajar mengontrol diri untuk merokok.
  7. Fokus Pada Manfaat : Cobalah fokus berhenti merokok untuk hal positif bagi Anda. Misalnya bisa membuat wajah terlihat lebih tampan, cantik, rupawan, atau awet muda.
  8. Minta Dukungan : Utarakan niat baik untuk berhenti merokok kepada orang-orang terdekat, baik itu pasangan, sahabat, ataupun keluarga. Mereka akan sangat membantu dalam mengingatkan.
Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.