10 Produk Handmade Kayu yang Sering Dijual di Indonesia


Halo Jakartans! Secara umum, kayu merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan produk handmade atau kerajinan tangan. Berkat tekstur dan warnanya yang indah, kekuatan dan daya tahannya yang tinggi, serta beratnya yang relatif cukup ringan, semua produk handmade yang terbuat dari kayu, baik itu yang berukuran besar atau kecil, punya penampilan, kualitas, dan tentunya harga jual yang cukup tinggi, tapi setimpal dengan apa yang akan diperoleh pembelinya.

Furnitur dari kayu sudah menjadi trend masa kini

Furnitur dari kayu sudah menjadi trend masa kini (via pixabay.com)

Dalam artikel ini, kita akan membahas produk handmade apa saja yang sering dibuat menggunakan bahan kayu.

1. Furnitur dan perabotan

Yang satu ini pasti sudah jelas dan merupakan produk handmade kayu yang paling banyak dibuat menggunakan bahan kayu. Jika dibandingkan dari yang berbahan besi atau plastik, furnitur atau perabot kayu punya penampilan yang lebih elegan karena punya warna dan penampilan yang lebih alami serta bisa dibentuk sehingga memiliki detail dan sentuhan yang berkelas. Selain itu, furnitur kayu juga kuat dan tahan lama, tapi tetap ringan. Beberapa furnitur kayu seperti kayu jati bahkan tahan terhadap rayap dan cuaca.

Beberapa contoh furnitur yang sering dibuat dari bahan kayu antara lain meja kayu, kursi kayu, rak kayu, dekorasi dinding, kotak penyimpanan kayu, dan sebagainya. Pengrajin yang membuat dan menjual furnitur kayu juga sudah banyak, antara lain Sokokayu, Kus Nadi Design, Aulia Margojoyo, dan masih banyak lagi.

2. Alat makan dan masak

Alat masak dan makan dari kayu juga merupakan salah satu produk handmade kayu yang sering dijumpai. Sama seperti furnitur, alat makan dan masak dari kayu juga memiliki penampilan yang lebih elegan dan berkelas. Bentuk-bentuknya juga biasanya juga unik dan beda. Selain itu, alat masak dan alat makan kayu lebih aman karena tidak merusak permukaan lain seperti teflon, serta lebih tahan panas dibandingkan alat-alat dari plastik.

Jenis alat makan kayu yang bisa Anda temukan di Indonesia sudah sangat banyak, mulai dari piring, mangkok, sendok, garpu, sumpit, bahkan sampai gelas. Sementara untuk alat masak kayu seperti sodet dan lumpang kayu sudah sering ditemukan di dapur.

3. Lampu

Siapa bilang kayu tidak bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat dudukan atau tempat lampu? Selama desain serta proses pembuatannya dilakukan dengan baik dan benar, Anda bisa mendapatkan lampu kayu yang tetap aman digunakan. Selain itu, karena bahan kayu biasanya lebih mudah dibentuk, desain dari lampu-lampu kayu ini juga biasanya unik dan menarik perhatian.

Sekarang ini, hampir semua jenis lampu kayu sudah dibuat dan dijual oleh pengrajin Indonesia, mulai dari lampu tidur, lampu baca/belajar, lampu gantung, lampu dinding, dan sebagainya.

4. Aksesoris

Kayu juga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat aksesoris kayu, baik untuk pria maupun wanita. Selain teksturnya yang unik, karena mudah dibentuk dan diukir, aksesoris dari kayu biasanya lebih mudah untuk dibuat menjadi aksesoris yang menarik dan detail. Selain itu, beberapa bahan kayu seperti kayu Kokka juga diyakini punya khasiat yang baik terhadap tubuh. Ada juga yang, entah benar atau tidak, diyakini punya khasiat menjauhkan dari bencana dan semacamnya (sekali lagi, benar atau tidaknya kami tidak tahu).

Umumnya, aksesoris yang dibuat menggunakan kayu adalah gelang kayu dan kalung kayu. Tapi, sekarang ini juga mulai bermunculan aksesoris yang lebih kecil seperti cincin kayu dan anting kayu.

5. Kacamata

Nah, produk handmade kayu yang satu ini cukup unik. Secara bentuk, kacamata kayu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kacamata biasa yang terbuat dari plastik atau besi. Tapi, secara penampilan, kacamata kayu tentu terlihat lebih menarik dan unik berkat serat kayu serta warnanya yang alami. Selain itu, produk ini lebih ramah lingkungan karena jelas-jelas terbuat dari kayu, dan kayu yang digunakan biasanya diambil dari sisa atau limbah kayu hasil prembuatan produk lain.

Di Indonesia, sudah ada banyak pengrajin yang menjual kacamata kayu, baik itu kacamata hitam atau kacamata biasa untuk alat bantu penglihatan. Beberapa pengrajin kacamata kayu di Indonesia antara lain Eastwood, Kallestory, dan Tesmak.

6. Jam tangan

Produk handmade kayu yang ini juga sama uniknya. Sama seperti kacamata kayu, jam tangan kayu juga punya bentuk yang mirip dengan jam tangan biasa, tapi penampilannya lebih alami dan menarik. Bahannya juga alami dan ramah lingkungan karena menggunakan kayu sisa atau limbah pembuatan produk lain.

Di Indonesia, pengrajin jam tangan kayu yang paling terkenal dan sudah menjual produknya secara internasional adalah Matoa dari Bandung. Selain itu, ada juga Woodka yang menjual jam tangan kayu dengan strap yang bisa diganti.

7. Sendal/alas kaki

Kayu juga merupakan bahan penting dalam membuat alas kaki, terutama sendal. Sifat alaminya yang kuat dan tahan lama tentu menjadi salah satu alasannya. Selain itu, karena mudah dibentuk, bahan kayu juga memungkinkan pengrajin untuk membuat sepatu yang disertai dengan sentuhan unik seperti ukiran dan semacamnya. Dan karena teksturnya sudah bagus, tidak jarang sebuah sendal yang menggunakan kayu tidak dicat atau dilapisi dengan bahan lain, sehingga bentuk serat dan tekstur kayunya tetap terlihat.

Biasanya, kayu digunakan untuk alas kaki seperti sendal serta sepatu wanita seperti high heels atau wedges, tapi hanya untuk bagian dasarnya saja, sementara bagian atasnya menggunakan bahan lain seperti kulit atau kain. Tapi, kadang-kadang ada juga yang membuat alas kaki yang seluruhnya dari kayu, atau bahkan sepatu kayu.

8. Casing smartphone dan gadget

Satu lagi produk handmade kayu yang unik selain kacamata dan jam tangan kayu adalah casing gadget dari kayu. Karena tiap casing serat kayunya berbeda, maka tiap casing kayu yang diproduksi dijamin unik dan satu-satunya. Selain itu, casing kayu ini juga biasanya ditambahi sentuhan ekstra seperti ukiran, baik yang sudah ditentukan dari awal atau yang custom atau bisa Anda pesan secara khusus, sehingga membuat casing kayu ini semakin unik.

Casing kayu yang sekarang bisa Anda temukan umumnya adalah casing untuk smartphone dan tablet. Tapi, ada juga yang membuat dan menjual casing kayu untuk macbook, bahkan sampai tas untuk macbook.

9. Alat musik

Ada banyak alat musik yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya, mulai dari alat musik petik seperti gitar dan bas, sampai alat musik pukul seperti gendang. Tapi, beda dengan produk lain, bahan kayu pada alat musik tidak hanya akan menunjang penampilan dan keawetan, tapi juga menentukan kualitas dan jenis suara yang dikeluarkan oleh alat musik itu sendiri. Ya, karena masing-masing kayu punya tekstur dan serat yang berbeda, masuk akal jika tiap bahan kayu akan menghasilkan suara yang beda di satu alat musik yang sama. Jadi, jika suatu hari Anda ingin membeli alat musik yang menggunakan bahan kayu seperti gitar, pastikan Anda tahu jenis kayu yang digunakan pada alat musik tersebut agar Anda mendapatkan alat musik yang mengeluarkan suara yang sesuai dengan keinginan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak alat musik yang terbuat dari kayu, mulai dari yang modern seperti gitar, piano, cajon, dan biola, sampai alat musik tradisional seperti kulintang dan gendang. Di Indonesia sendiri, sudah banyak produsen alat musik lokal seperti Genta Guitar, Rick Harnes, dan Sjuman Instrument.

10. Mainan

Produk handmade kayu terakhir di daftar ini adalah mainan. Sejak dulu, kita pasti sudah sering melihat balok susun yang terbuat dari kayu untuk dimainkan. Tapi, seiring perkembangan zaman, sekarang ini ada banyak mainan kayu yang bentuknya unik dan disukai oleh semua umur. Selain itu, sekali lagi, karena terbuat dari kayu yang punya tekstur yang menarik, mainan kayu ini juga bisa berfungsi sebagai hiasan di dalam rumah.

Beberapa contoh mainan kayu yang unik antara lain boneka kayu serta puzzle kayu 3D yang tingkat kesulitannya beragam tergantung bentuk dan jumlah potongannya. Oh, dan meskipun berasal dari Jepang, tapi di Indonesia juga ada orang yang membuat dan menjual kendama.

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.