4 Yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Ancol


Halo Jakartans! Bingung dimana tempat yang cocok menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Ingin menjajal wahana permainan asyik, menyenangkan, dan takkan terlupakan? Anda bisa mencantumkan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dalam list liburan Anda tahun ini. Kenapa?

Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, atau kerap disingkat Ancol, telah menjadi salah satu spot destinasi wisata dan rekreasi keluarga yang paling diminati wisatawan, terutama di dalam negeri. Terletak di jantung ibukota Jakarta, Ancol telah berdiri selama 50 tahun, dan menyajikan wahana “Life Re-Creation and Edu-tainment” bagi keluarga Indonesia.

Untuk mencapai lokasi Ancol, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti bus TransJakarta. Tarifnya pun murah, hanya Rp 3.500 sekali jalan langsung sampai ke Ancol dari koridor 1 dan 5. Bus dan angkutan umum juga melayani rute ke Andol, seperti Kopaja PPD Patas P32 dan PPD P 38. Bila menggunakan kendaraan pribadi, bisa lewat tol Lingkar Dalam dan tol Lingkar Luar.

Kemudahan transportasi tidak hanya diluar Ancol, di dalam pun ada fasilitas transportasi mengelilingi Ancol. Yaitu bus Wara-Wiri, Segway, penyewaan sepeda, mobil golf, dan gondola. Tarif naik bervariasi, mulai Rp 20.000 hingga Rp 150.000/jam. Dengan tarif yang lumayan terjangkau, pengunjung sudah bisa berkeliling Ancol dan mencoba berbagai wahana permainan dan edukatif di dalamnya.

Penasaran wahana apa saja yang wajib dikunjungi di area Taman Impian Jaya Ancol Jakarta? Simak ulasannya berikut ini!

Pacu Adrenalin di Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi Ancol

Dunia Fantasi Ancol (via mauwisatakemana.blogspot.com)

Mencari wahana yang seru, mengasyikkan, sekaligus menegangkan? Jajal 32 permainan didalam wahana Dunia Fantasi (Dufan). Arena berteknologi tinggi yang ada diantaranya Water Ride (Arung Jeram), Nagara Gara, Ice Age Artic Adventure, Fantasy Light Magic, Treasure Land Temple of Fire, Thrill Ride Tornado, Halilintar, Hysteria, dan wahana klasik seperti Ontang-anting, Rajawali, Poci-poci, dan Rumah Miring. Dan yang terbaru : Magic House, Galactica, dan Mysterous Island.

Harga Tiket Masuk (HTM) yang dikenakan mulai Rp 200.000/orang pada hari biasa, Rp 295.000/orang pada akhir pekan. Pada musim liburan tertentu, Dufan biasa membuka promo HTM yang berkisar Rp 100.000-150.000/orang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, Ancol menerbitkan annual pass card senilai Rp 400.000 bag pegunjung yang ingin akses masuk lebih mudah dan memainkan semua permainan di Dufan secara gratis dalam setahun.

Watersport Mengasyikkan Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure (via thecrazytourist.com)

Puas memacu adrenalin di udara menaiki Thrill Ride Tornado, lanjut menguji nyali dan adrenalin di air. Ya, Atlantis Water Adventures menawarkan sensasi tak terlupakan bermain air lewat 8 kolam utama; Kolam Poseidon, Plaza Atlas, Antila, octopus, Aquarius, Atlantean dan Kiddy Pool berkonsep peradaban mediterania kuno.

Di kolam utama ini terdapat Dragon Water Slide, Floating Playground, Crazy Water Slide, kolam arus deras, kolam arung jeram, dan 2 Kiddy Pool.

Melihat Kehidupan Bawah Air di Sea World

Wahana edukasi biota laut di Ancol Sea World

Wahana edukasi biota laut di Ancol Sea World (via traveloka.com)

 

Aquarium raksasa di Ancol Sea World

Aquarium raksasa di Ancol Sea World (via hargatiket.net)

Tidak hanya menyajikan wahana menyenangkan di atas darat, Ancol juga memiliki 1 wahana terkenal paling diminati para pengunjung. Wisata yang buka pada jam 08.00 WIB – 18.00 WIB ini mengoleksi ribuan satwa air laut dan tawar di dalam akuarium terbesar di Indonesia, dan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. HTM masuk ke spot Sea World adalah Rp 85.000 pada hari biasa, dan Rp 100.000 pada akhir pekan, atau bundling ticket seharga Rp 160.000.

Akuarium utama, paling favorit, yang menyajikan tontonan lebih dari 35.500 ekor ikan laut dari 35 spesies lebih. Selaras dengan tujuan pihak Ancol yang menyajikan wisata berkonsep edutainment, di beberapa titik sekitar akuarium terdapat informasi tertulis mengenai satwa dan biota air terkait.

Antasena, nama terowongan kaca sepanjang 80 meter, menyajikan sensasi melihat secara langsung kehidupan bawah air sambil berjalan diatas travelator. Serasa satwa air berada diatas kepala! Selain menikmati hewan air dari kaca akuarium, pengunjung juga bisa merasakan sensasi mempelajari kehidupan bawah air melalui museum dan theater.

Dan, yang paling ditunggu : Feeding Show! Pawang hewan turun menyelam memberi makan hewan laut, termasuk hiu, di jam-jam tertentu. Sambil menunggu feeding show, pengunjung bisa menunggu di area Touch Pool sambil berkenalan dengan penyu, kura-kura dan hiu yang dibolehkan untuk disentuh.

Bila ingin bermain langsung dengan biota laut, Sea World menyediakan wahana menyelam dengan syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya umur minimal 15 tahun, kondisi kesehatan yang baik, kemampuan berenang yang cukup mumpuni, dan juga membayar HTM sebesar Rp 700.000.

Mengenal Alam di Edutainment Theme Ocean Ecopark Ancol

Ocean Ecopark Ancol

Ocean Ecopark Ancol (via rumahhanoi.weebly.com)

Yang satu ini sudah menjadi langganan warga Jakarta menghabiskan liburan bersama anak-anak, sambil mengenali alam lingkungan lebih dekat, tanpa harus pergi ke ruang terbuka hijau di luar kota. Edutainment theme Ocean Ecopark Ancol menawarkan konsep rekreasi keluarga ber-budget terjangkau namun tetap mengasyikkan dan sarat dengan edukasi.

Tema ‘Kembali ke Alam’ dan ‘Dekat dengan Alam’ dusung oleh pihak Ancol dengan menyulap padang golf pada tahun 2011, dan menambah banyak tema dan zona econature. Benar-benar area yang cocok bagi keluarga yang ingn melepas penat setelah berkutat dengan kebisingan dan mobilitas yang sibuk khas ibukota.

Beberapa zona econature di area ini diantaranya zona learning farm, tempat anak-anak dan keluarga menikmati sensasi rekreasi bernuansa kebun, sawah, pengenalan hewan ternak, habitat dan ekosistem, serta pemanfaatan energi.

Pengunjung tidak dibebani biaya untuk menikmati ruang terbuka hijau ala ecopark Ancol ini. Namun untuk mejajal wahana permainan, harga tiket bervariasi. Yaitu :

  • Ocean Ecopark Ancol Fantastique hari biasa Rp 50.000, akhir pekan dan hari libur Rp 60.000
  • Ocean Ecopark PaintBall Green Mission hari biasa Rp 100.000, akhir pekan dan hari libur Rp 120.000
  • EcoBike penyewaan sepeda hari biasa Rp 25.000, akhir pekan dan hari libur Rp 30.000
  • Ocean Ecopark Ancol Kano hari biasa Rp 60.000, akhir pekan dan hari libur Rp 75.000
  • Ocean Ecopark Ancol Outbondholic Kid Sircuit hari biasa Rp 70.000, akhir pekan dan hari libur Rp 80.000

Dan masih banyak wahana menarik dan menantang lain di area Taman Impian Jaya Ancol. Ayo rencanakan liburan berkesanmu di Ancol bersama keluarga!

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.