Asian Games 2018 Sebagai Mesin Penggerak Ekonomi



Jelang Asian Games 2018!

Halo Jakartans! Asian Games XVIII yang akan berlangsung pada 2018 mendatang bukan hanya sebagai ajang kompetisi multievent yang dijadikan barometer prestasi berbagai cabang olahraga. Kehadiran event olahraga berskala internasional di sebuah negara juga menjadi kebanggaan (mengangkat nama baik) sebuah negara, serta memberikan dampak ekonomi secara masif.

Logo dan maskot Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang

Logo dan maskot Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang (via womantalk.com)

Buktinya apa? Andai kata tidak menjadi tuan rumah Asian Games IV pada 1962, DKI Jakarta mungkin tidak akan memiliki Stadion Utama Senayan (kini Stadion Utama Gelora Bung Karno) yang megah, tidak memiliki Televisi Republik Indonesia, Tugu Selamat Datang, Jembatan Layang Semanggi, bahkan Toserba Sarinah sebagai sarana belanja modern pertama di Indonesia.

Menjadi host atau penyelenggara event olahraga internasional bahkan mampu menggerakkan ekonomi bangsa secara massif. Ini terjadi di penyelenggaraan Piala Dunia 2014 di Brasil serta Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Studi Ernst & Young menyebut bahwa penyelenggaraan Piala Dunia 2014 menghasilkan tambahan Rp 752,2 triliun bagi ekonomi Brasil dan menciptakan 3,6 juta lapangan pekerjaan. Korea Institute for International Economic Policy juga melaporkan bahwa Asian Games XVII pada 2014 lalu di Korea, membawa keuntungan ekonomi USD 12,5 miliar dan menciptakan 270 ribu lapangan kerja baru.

Mari meriahkan dan sukseskan Asian Games 2018

Mari meriahkan dan sukseskan Asian Games 2018 (via asiangames2018.id)

Tentu saja, Pemerintah sendiri harus menyiapkan belanja modal yang tidak sedikit. Misalnya, pembangunan Light Rail Transport (LRT) terintegrasi di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi yang menarik investasi Rp 23,8 triliun. Kemudian Wisma Atlet Kemayoran dengan 6 Tower dan 7.424 unit kamar untuk menampung para atlet yang bertanding senilai Rp 3,5 triliun. Begitu pun renovasi sejumlah GOR di sejumlah kawasan di Jakarta agar mereka dapat berlatih dengan nyaman.

Bisa jadi belanja modal yang dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur tersebut tidak akan mencapai titik impas saat event Asian Games selesai. Tapi, lihat dampak jangka panjangnya. Banyak sekali infrastruktur baru maupun fasilitas publik yang nantinya dapat di akses masyarakat. Kedatangan ribuan atlet serta pendukung Asian Games 2018 ke DKI Jakarta juga diharapkan dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi agar rakyat pun merasakan dampak kesejahteraan dari perhelatan akbar ini. Karena itu, mari kita bersiap untuk menyambut Asian Games 2018! (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.