Ayo ke Pulau Pramuka


Halo Jakartans! Jika Anda merencanakan berwisata ke Kepulauan Seribu, ada baiknya menentukan terlebih dahulu pulau mana yang hendak dikunjungi. Karena masing-masing pulau yang ada di Kepulauan Seribu memiliki karakteristik dan potensi wisata tersendiri. Tapi jika tidak ingin repot, langsung saja pilih Pulau Pramuka sebagai tujuan utama.

Tidak kalah menarik dengan Pulau Tidung yang sudah lebih dulu populer, tujuan wisata ke Pulau Pramuka memiliki daya tarik tersendiri. Sarana dan prasarana yang lengkap tersedia di Pulau Pramuka. Seperti pulau pemukiman lainnya di Kepulauan Seribu; mendatangi Pulau Pramuka bisa dilakukan dari dua titik yakni Marina Ancol dan Dermaga Kali Adem dengan kapal cepat atau pelabuhan Muara Angke dengan perahu ojek.

Pulau Pramuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu (via paradisotraveling.com)

 

Di Pulau Pramuka banyak terdapat gedung pemerintahan yang menghadap lautan lepas

Di Pulau Pramuka banyak terdapat gedung pemerintahan yang menghadap lautan lepas (via indonesiakaya.com)

Saat tiba di dermaga berbahan kayu di pantai Pulau Pramuka, pandangan mata langsung tertuju pada jejeran bangunan permanen terdiri dari rumah warga dan gedung pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu. Makin ke dalam lagi, Plaza Pulau Pramuka yang berada tepat di depan kantor kabupaten Kepulauan Seribu. Plaza yang serupa alun-alun ini merupakan tempat dilakukannya kegiatan pemerintahan seperti upacara bendera atau senam pagi.

Plaza dan gedung pemerintahan tersebut berhadapan langsung dengan laut lepas yang juga menjadi tempat parkirnya perahu-perahu, di antaranya perahu milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. Dermaga perahu ini sedikitnya bisa menampung puluhan perahu dengan posisi berjejer ke utara dan selatan.

Dermaga Pulau Pramuka

Dermaga Pulau Pramuka (via pulauseribu.jakarta.go.id)

 

Perahu yang membawa para pengunjung bersandar di dermaga Pulau Pramuka

Perahu yang membawa para pengunjung bersandar di dermaga Pulau Pramuka (via indonesiakaya.com)

Dari dermaga ke arah kanan terlihat rumah-rumah yang bertuliskan home stay dan warung-warung yang menyediakan kebutuhan wisatawan dari kaos hingga ikan segar. Tak jauh dari dermaga ada semacam tempat untuk menikmati pemandangan laut lepas. Tempat itu bernama Tanjung Pengantin dan sering digunakan untuk lokasi pemotretan.

Dari Tanjung Pengantin, bangunan rumah penduduk yang berada di Pulau Panggang bisa dengan jelas terlihat. Warga Pulau Panggang ini banyak mensuplai kebutuhan penduduk Pulau Pramuka di antaranya para penjual makanan di gerobak. Pegawai pemerintahan di Pulau Pramuka juga banyak berasal dari Pulau Panggang.

Sementara dari Plaza ke arah selatan terdapat fasilitas umum seperti sekolah, masjid, dan rumah sakit umum daerah. Lebih ke selatan lagi, merupakan area permukiman yang juga bisa menjadi sarana akomodasi selama berada di Pulau Pramuka. Rumah dinas pejabat pemerintah juga berada di selatan plaza.

Berjalan dari utara ke selatan di Pulau Pramuka sama sekali tidak merasa lelah, karena di sekitaran jalan banyak tumbuhan yang meneduhkan pejalan kaki. Demikian juga saat jalan menyusuri bagian timur Pulau Pramuka. Selama berjalan di jalan berlapis conblock ini hanya beberapa motor yang terlihat hilir mudik.

Labirin mangrove di Pulau Pramuka

Labirin mangrove di Pulau Pramuka (via pulauseribu.jakarta.go.id)

 

Kawasan hutan mangrove di Pulau Pramuka

Kawasan hutan mangrove di Pulau Pramuka (via indonesiakaya.com)

Bagian timur Pulau Pramuka, para pelancong bisa menikmati mangrove yang sudah berhasil tumbuh dan memberikan kehidupan pada biota laut di perairan Pulau Pramuka. Salah satunya tempat penyu tumbuh dan berkembang. Selain itu sebuah bangunan semi permanen dengan kolam-kolam berisi penyu beragam usia bisa dilihat langsung. Di tempat inilah penyu-penyu dibudidayakan.

Pusat penangkaran penyu di Pulau Pramuka

Pusat penangkaran penyu di Pulau Pramuka (via indonesiakaya.com)

 

Kolam-kolam sebagai tempat pembiakan penyu

Kolam-kolam sebagai tempat pembiakan penyu (via indonesiakaya.com)

 

Penyu sisik yang beranjak dewasa dan nantinya akan dilepas ke alam liar

Penyu sisik yang beranjak dewasa dan nantinya akan dilepas ke alam liar (via indonesiakaya.com)

Berjalan mengelilingi Pulau Pramuka itu bisa dilakukan setelah Anda melakukan wisata bahari. Sebab biasanya Pulau Pramuka ini menjadi basecamp untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai atau melakukan snorkeling. Dari Pulau Pramuka bisa menyewa perahu untuk mendatangi pulau berpantai indah yang berdekatan dengan Pulau Pramuka. Salah satunya menikmati suasana Pulau Semak Daun.

Pulau Semak Daun ini hanya ditumbuhi semak-semak dan pepohonan. Namun pulau ini memiliki pantai yang landai, bersih dan berpasir halus. Air lautnya jernih dan biru. Di sini bisa menikmati sunrise dan sunset. Selain itu, kehidupan di bawah laut merupakan magnet yang tak boleh disia-siakan. Spot snorkeling yang bagus di antaranya berada di Pulau Karang Beras dan Pulau Air. Kedua tempat itu menyuguhkan pemandangan bawah laut yang cantik. Terumbu karang dan koral yang indah membuat ikan-ikan betah berlama-lama dekat terumbu karang dan koral tersebut.

Pulau Semak Daun yang cocok untuk berkemah

Pulau Semak Daun yang cocok untuk berkemah (via youtube.com)

Di Semak Daun ini wisatawan hanya bisa bermalam dengan berkemah. Meski cuma menginap di tenda, untuk urusan mandi-mandi sudah terdapat toilet. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkemah di Pulau Semak Daun ini. Jika tak ingin berkemah, kembali ke Pulau Pramuka menjadikan jalan-jalan Anda di Kepulauan Seribu tetap berkesan. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.