Berwisata Sambil Mengenal Biota Laut di Jakarta Aquarium


Halo Jakartans! Ada lebih dari 600 jenis koleksi biota laut yang bisa Anda temui di Jakarta Aquarium. Beragam aktivitas juga bisa dilakukan, mulai dari berinteraksi langsung dengan biota laut yang lucu, bermain-main dengan aneka kelomang, memberi makan satwa, hingga diving bersama hiu atau berfoto ria di otter tunnel sampai aquatrekking yang tak kalah seru.

Jakarta Aquarium sebenarnya sudah mulai buka untuk umum sejak 2016 lalu. Tapi pembukaan resminya baru dilakukan pada Oktober 2018 lalu. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti turut hadir dalam acara tersebut. Sejak dibuka untuk umum, bisa dibilang, Jakarta Aquarium menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jakarta. Lokasinya cukup strategis. Berada di sebuah pusat perbelanjaan besar di Jakarta Barat, Neo Soho Mall, Central Park. Anda bisa menjangkaunya baik dengan kendaraan umum atau pun kendaraan pribadi.

Berjalan di lorong Aquarium raksasa

Berjalan di lorong Aquarium raksasa (via braito.co.id)

Sebagai destinasi wisata, Jakarta Aquarium tak hanya menawarkan aktivitas rekreasi keluarga yang menyenangkan, tetapi juga wisata edukasi sekaligus konservasi biota laut. Dengan metode interactive learning, para pengunjung bisa mengetahui beragam informasi tentang biota-biota laut yang dilihat dengan cara menyenangkan.

“Konsep kami memang wisata edukasi sekaligus konservasi ya. Khususnya untuk dunia bawah laut. Koleksi yang kami miliki saat ini ada sekitar 600-an dan di semua kami buat se-real mungkin. Artinya sesuai dengan habitat aslinya,” kata Andri, salah satu petugas Jakarta Aquarium.

Tak Akan Bosan

Meski berada di dalam mall, Jakarta Aquarium tak bakal bikin bosan. Koleksi lengkap, serta penataan yang apik membuat petualangan di tempat ini terasa menyenangkan. Belum lagi beragam atraksi yang bisa dilakukan juga kian melengkapi pengalaman Anda mengenal dunia bawah laut ini.

Ada 12 zona atau area yang bisa dieksplorasi. Semua zona ditata sesuai tema-tema dan dikemas dengan kekhasannya masing-masing. Zona mangrove, misalnya. Di sini pengunjung akan diajak mengenal ekosistem mangrove dengan berbagai karakteristiknya yang khas. Jangan lewatkan atraksi memberi makan Binturong di zona ini. Pemberian makan biasanya dilakukan sore hari dan binturong yang ada cukup lucu dan jinak, jadi tidak perlu takut.

Jakarta Aquarium dengan koleksi ikan hiunya

Jakarta Aquarium dengan koleksi ikan hiunya (via traveloka.com)

Zona-zona lainnya tak kalah menarik adalah zona submarine. Di sini, pengunjung bisa merasakan pengalaman melalui penampilan 5D Sea Explorer Theater yang menjadi ciri khasnya. Wahana ini akan mengajak pengunjung menjelajah lautan Indonesia yang kaya akan tumbuhan dan hewan laut termasuk satwa langka. Durasinya sekitar 20 menit tapi cukup memberikan gambaran bagaimana dunia bawah laut.

Tak hanya pembagian zona yang beragam dan membuat pengunjung tidak merasa jenuh, Jakarta Aquarium juga menyediakan beragam aktivitas wisata edukasi menarik lainnya. Baik untuk orang dewasa hingga pengunjung anak-anak pun dijamin bisa menikmati agenda yang ditawarkan.

Atraksi putri duyung dalam pertunjukan teater di Jakarta Aquarium

Atraksi putri duyung dalam pertunjukan teater di Jakarta Aquarium (via instagram.com/jakartamermaid)

Untuk anak-anak, mereka bisa berinteraksi langsung dengan biota laut seperti bintang laut, teripang hingga tiram. Interaksi langsung ini membantu anak-anak untuk mengenal lebih dekat satwa-satwa laut yang selama ini mungkin hanya di lihat dari gambar atau saluran televisi saja. Anak-anak juga bisa mengikuti kegiatan seperti mewarnai gambar ikan favorit dan mencetaknya dengan printer tiga dimensi yang pasti sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Untuk orang dewasa, tak kalah menarik. Anda bisa menyelam bersama Hiu, manta, dan aneka ikan-ikan lucu lainnya di main tank. Tapi, Anda harus memiliki lisensi selam untuk mengikuti paket wisata ini. Anda juga harus mengeluarkan pengeluaran tambahan selain tiket. Untuk bisa menyelam, tambahan uang yang harus dibayar Rp 500.000 untuk 30 menit.

Aquatrekking atau berjalan di bawah laut

Aquatrekking atau berjalan di bawah laut (via instagram.com/udahdiperut)

Bila tak bisa menyelam tapi ingin tetap menikmati nuansa bawah laut, Anda bisa mencoba aquatrekking. Lokasinya masih sama, di kolam utama, hanya alat yang digunakan berbeda. Biayanya juga beda. Sedikit lebih murah. Yakni sekitar Rp 300.000 untuk sekitar 20-an menit.

Di Main Tank, selain digunakan untuk diving dan aquatrekking juga biasa digunakan untuk pertunjukan tradisional Pearl of The South Sea. Pertunjukan teater ini menceritakan tentang kerajaan di bawah laut. Anda bisa menikmati pertunjukan ini sekali setiap hari. Tapi khusus untuk Jumat dan Minggu, pertunjukan dilakukan tiga kali dalam sehari. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.