Bukan Sop Buntut Biasa Memang Luar Biasa


Halo Jakartans! Anda penggila sop buntut? Jika benar, segera cicipi sop buntut satu ini. Namanya Bukan Sop Buntut Biasa di Dapur Buntut kawasan Casablanca. Restoran nya memang mungil, tapi cita rasa yang dijanjikan Bukan Sop Buntut Biasa memang luar biasa.

Tak pelak, meski tergolong kecil, tapi restoran di pinggir jalan raya, tepatnya Jalan KH Abdullah Syafei No 14 Casablansa itu mampu bersaing dengan restoran besar lainnya di Jakarta.

Agaknya moto Bukan Sop Buntut Biasa sangat cocok untuk restoran berkonsep kedai. Dinding berwarna hijau dan interior resto ditata seperti ruang makan di rumah sendiri. Tempat yang unik serta nyaman membuat orang tak ingin segera beranjak dari sana.

Resto itu dibuka oleh Irma Trisnayanti dan Indra Riana sang suami sejak 13 tahun lalu. Dengan bermodalkan hobi memasak dan sedikit modal serta tanpa dibekali pengalaman berbisnis keduanya berspekulasi. Berkat ketekunan mereka itu, Dapur Buntut sukses hingga sekarang.

Ada beberapa menu sop buntut, diantaranya Sop Buntut Biasa, Sop Buntut Panggang, Sop Buntut Goreng, Sop Buntut Tulang Lunak, serta Sop Buntut Karamel.

Semua bumbu diracik sendiri, mulai dari saus BBQ, saus panggang, hingga mayonaise. Begitu juga kuah sop itu sendiri hasil racikan sang suami yaitu Indra. Berbeda dari sop buntut lainnya, dijamin tak ada lemak mengambang di atas kuah sop buntut.

Menu paling andalan adalah Sop Buntut Karamel. Karena namanya kurang umum, banyak pengunjung yang penasaran. Mungkin sebagian besar akan berpikir, sop itu akan diberikan saus caramel dengan menggunakan susu dan menimbulkan rasa manis.

Sajian Buntut Karamel

Sajian Buntut Karamel (via zomato.com)

Tapi ternyata kelezatan sop satu ini mampu menghipnotis pengunjung. Rasanya benar-benar pas dengan cita rasa caramel serta paduan lada hitam dan bawang putih sekaligus sebagai penetral. Dagingnya juga empuk karena direbus terlebih dulu selama 3 hingga 4 jam.

Begitu pula kuah kaldu hasil rebusan daging buntut yang kental, membuat beberapa pelanggan jatuh cinta. Selain itu, ada pula menu Rawon Buntut, yang di adopsi dari rawon khas Jawa Timur. Meski rawon khas Jatim tidak menggunakan buntut.

Irma dan suami memang mahir dalam berbagai inovasi baru untuk masakannya termasuk rawon buntut dan sop buntut caramel itu.

Untuk yang tak suka sop buntut, di Dapur Buntut juga menyediakan menu fast food yakni burger. Ada Burger Panggang dan Burger Panggang Keju yang ditambah dengan kentang goreng, yang dibuat dari kentang pilihan. Ada juga nasi goreng khas Dapur Buntut.

Dapur Buntut yang dibuka setiap harinya sejak pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB ini, biasanya ramai pada saat jam makan siang, banyak karyawan yang bekerja disekitar lokasi restoran datang untuk makan siang

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.