Cafe Acaraki Jamu, Banyak Bule Minum Jamu di Jakarta ?


Halo Jakartans! Apa kabar nih? Pasti kalian asing ya kalau mendengar istilah jamu, karena terakhir minum jamu saat masih kecil? Apakah benar kalau jamu itu pahit? karena sering mendengar jamu itu dicekokin jadi takut untuk minum jamu? Duh, jangan sampai minuman tradisional kita ini jadi dilupakan karena kemajuan jaman ya! Atau lebih parah lagi nanti diakui oleh negara lain loh kalau tidak kita lestarikan.

Ada kabar baik nih Jakartans! Buat kamu yang kangen atau penasaran minum jamu, Acaraki Jamu menjadi solusinya. Saya sendiri sudah pernah berkunjung kesana, tempatnya berada di Kota Tua, Jakarta. Suasananya nyaman dan cocok banget untuk sekedar nongkrong atau bahkan rapat loh, bukan hanya masyarakat domestik yang berdatangan kesini, namun beberapa tamu dari mancanegara sudah sering mampir kesini, gak percaya? Ini dia buktinya!

Acaraki, Cafe Jamu yang kian diminati turis asing

Acaraki, Cafe Jamu yang kian diminati turis asing (via instagram.com/jktgoodguide)

Jangan khawatir dan resah dulu teman, ada menu andalan yang akan menggoda lidah kamu untuk segera mencicipinya, apa saja menu andalannya? Yuk, cek dibawah ini!

Menu Andalan Acaraki Jamu

1. Bareskrim (Beras Kencur Eskrim)

Saya pernah mencoba langsung kesana, kebetulan karena saya salah satu penggemar Jamu, saya penasaran dengan cara membuatnya dan penyajiannya. Ada dua pelayan yang melayani di dapur Acaraki. Pelayan pertama menyiapkan tumbukan beras kencur, iya nih beras kencurnya ditumbuk langsung saat kita memesannya. Lalu eskrim dan peralatan lainnya disiapkan oleh pelayan kedua. Peralatan yang digunakan disana sama persis seperti peralatan yang dibuat saat mengolah kopi. Loh kopi, kenapa? Karena konon berawal dari rasa penasaran Acaraki Jamu. Dimana Jamu dan Kopi memiliki persamaan, sama-sama pahit dan juga berkhasiat. Dari segi proses, konon biji kopi yang sudah dipanggang, dihaluskan dengan alu lesung, digodog di perapian lalu disaring, ambil sarinya, buang ampasnya. Begitu pula Jamu, dapat menerapkan proses tersebut, kalau mbok jamu biasanya menggunakan bahan segar dan digodog, kalau Acaraki menggunakan bahan kering yang diseduh.

Beras Kencur Eskrim

Beras Kencur Eskrim (via deskgram.net)

Maka dari itu, pembuatan jamu ini disebut juga dengan Jamu Wave. Dimana Wave adalah salah satu proses untuk membuat Kopi, jadi, Acaraki menggunakan teknik pembuatan kopi untuk membuat Jamu.

Jangan ditanya lagi masalah rasa, kalian akan terkaget dan membatalkan pikiran-pikiran kaku mengenai Jamu itu pahit, gak enak dan lainnya, cobain deh!

2. Golden Sparkling (Kunyit Asem)

Golden Sparkling, Kunyit Asem

Golden Sparkling, Kunyit Asem (via instagram.com/acaraki.jamu)

Kebetulan saya juga mencicipi dan melihat prosesnya secara langsung. Golden Sparkling adalah soda yang disirami dengan kunyit asam, bukan sulap bukan sihir. Acaraki memiliki alatnya sendiri untuk membuat sodanya dan kunyit asamnya juga dibuat secara langsung loh! Yang satu ini unik banget rasanya, seger! Buat kamu yang kangen dengan segernya kunyit asem, langsung saja kesini ya.

3. BERKESAN (Beras Kencur, Pandan, Santan)

Beras Kencur, Pandan, Santan

Beras Kencur, Pandan, Santan (via (via instagram.com/acaraki.jamu))

Wah, ini sangat menggodakan? Gimana rasanya beras kencur, santan, pandan ditambah dengan nektar kelapa dibawahnya. Pasti lezat dan berkhasiat. Jadi, untuk menutup akhir pekan kamu bisa ditemani oleh berkesan nih! Lebih kerennya lagi, semua bahan-bahan di Acaraki memang asli dari Indonesia. Beras Hitam dari Adan Krayan, Beras Merah dari Jatiluwih, Kencur dari Wonogiri, Kunyit dari Sidoarjo, dan Asam dari Solo.

Hal Menarik Lainnya, Ada Disini!

Selain itu, Acaraki juga menyediakan beberapa pajangan dimana isinya ada board game mengenai Acaraki Jamu loh. Seru banget board game-nya. Kamu bisa lebih tahu mengenai racikan jamu dan penyakit-penyakit yang bisa ditangani dengan meminum jamu. Permainan ini hampir mirip dengan gaya bermain Monopoli, penasaran kan? Coba aja langsung datang ya! Tapi, kalau kamu belum sempat mampir atau sibuk banget, jamunya juga bisa take away loh. Bisa diminum hangat ataupun dingin.

Masalah harga kalian gak perlu khawatir, masih bersahabat banget. Siapkan aja budget sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000.  Kamu akan mencicipi menu-menu di Acaraki Jamu dengan nikmat. Kalau dari kalian tertarik untuk melihat proses pembuatannya dan ingin mencoba, Acaraki juga menawarkan Kelas Acaraki loh! Walaupun kelasnya tidak diadakan setiap hari, mereka menyediakan ruangan khusus untuk para penggemar Acaraki. Teruntuk yang ingin tahu bagaimana rasanya membuat Jamu yang sangat enak ala Acaraki, luar biasa ya.

Bagikan :
Avatar

Riska Rahma Dea

Hai! Im a college student in English major, I'd like to write and You can read my blog riskarahde.blogspot.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.