Di Bank Sampah Rambutan, Nasabah Bisa Beli Sembako



Untuk membeli sembako, nasabah hanya menunjukan buku tabungan Bank Sampah Rambutan dan saldo tabungan otomatis terpotong senilai pembelian.

Kampung Iklim yang asri dan hijau di Lenteng Agung, Jakarta Selatan

Kampung Iklim yang asri dan hijau di Lenteng Agung, Jakarta Selatan (via beritajakarta.id)

Halo Jakartans! Menarik, cara yang dilakukan oleh Bank Sampah Rambutan yang berada di Kampung Iklim, Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dengan menggunakan buku tabungan Bank Sampah Rambutan, nasabahnya bisa membeli sembako.

Namun, penggunaan buku tabungan itu hanya bisa dilakukan di kios yang ada di lingkungan Kampung Iklim Lenteng Agung bentukan dari corporate social responbility (CSR). Nasabah bisa langsung membeli sembako di kios yang diinisiasi salah satu CSR.

Caranya, nasabah hanya perlu membawa buku tabungan bank sampah dan langsung bisa membeli kebutuhannya. Nantinya jumlah harga pembeliannya akan dipotong dari saldo tabungan bank sampah.

Kalau nilai pembelian melebihi saldo yang ada di buku tabungan bank sampah, nasabah cukup dengan menambahkan kekurangannya dengan membayar uang tunai. Sekiranya saldo ada Rp 400 ribu, dan nilai belanja Rp 200 ribu, itu tinggal dipotong saja. Kalau lebih, nasabah menambahkan dengan uang tunai. Inilah salah satu yang menarik masyarakat.

Sistem ini baru diterapkan di Bank Sampah Rambutan. Sedangkan untuk pengelolaannya sendiri dikelola oleh para kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Semoga sistem yang ada di Bank Sampah Rabutan ini dapat dicontoh oleh bank sampah lainnya. Sistem ini cukup memudahkan masyarakat guna memenuhi kebutuhannya.

Sistem semacam ini tinggal maintenance-nya saja yang perlu diperhatikan. Mudah-mudahan bisa menular ke wilayah lainnya di DKI Jakarta.

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.