Enam Jalur KRL Commuter Line Yang Membawa Jutaan Penumpang Tiap Harinya


Halo Jakartans! Jutaan penumpang komuter telah menggantungkan kehidupan mereka pada Kereta Rel Listrik / KRL Commuter Line. Ya, Kereta KRL yang mengangkut mereka pergi bekerja di pagi hari dan membawa pulang kembali mereka pada sore harinya. Karena kemacetan di ibu kota masih terbilang parah, mereka lebih suka menggunakan KRL walaupun mereka harus berjuang mendapatkan kursi di dalam kereta, terutama pada saat jam-jam sibuk.

Para penumpang datang dari kota-kota tetangga Jakarta sebagai kawasan penyangga, seperti Tangerang, Bogor, Bekasi dan Banten. Ada penumpang yang memang menyandang status warga Jakarta, tapi sebagian besar berasal dari luar Jakarta. Mereka memilih tinggal di kota sekitar Jakarta karena harga rumah atau tanah yang super mahal di ibu kota. Akibatnya, mereka harus menempuh jarak yang terbilang jauh untuk sampai di kantor masing-masing. Mengambil opsi transportasi dengan menggunakan layanan kereta KRL adalah cara paling efisien untuk membawa mereka bolak-balik dari rumah mereka ke kantor dan sebaliknya.

Peta rute KRL Commuter Line

Peta rute KRL Commuter Line (via krl.co.id)

KRL Commuter Line (nama lama KRL Jabodetabek, KRL Jabotabek atau KAI Commuter Jabodetabek) dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), yang adalah anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Sejak beroperasi pertama kali pada tahun 1925, moda transportasi KRL semakin memegang peranan penting di tengah hiruk pikuk kemacetan dan sistem transportasi ibukota yang relatif belum ramah dari segi kenyamanan maupun keselamatan.

Berikut adalah enam rute KRL Commuter Line yang perlu Anda ketahui :

1. Jakarta Kota – Bogor

Jakarta Kota – Bogor telah difungsikan sebagai salah satu rute KRL Commuter Line sejak tahun 2011 silam. Commuter Line dengan jalur berwarna merah membawa penumpang dari stasiun Bogor menuju stasiun Jakarta Kota. Rute ini memiliki lintasan dengan panjang 54,823 kilometer dan menjadi rute KRL kedua setelah rute Tanjung Priok – Jatinegara. Rute KRL Jakarta Kota – Bogor menjadi yang tersibuk dan membawa jumlah penumpang terbesar setiap harinya dibandingkan dengan rute-rute KRL yang lain. Rute ini melewati 24 stasiun kereta, seperti Manggarai, Tebet, Cawang dan Cikini.

2. Jatinegara – Bogor

KA Commuter line dengan warna jalur kuning atau KRL Bogor – Jatinegara adalah rute terpanjang kedua setelah Tanah Abang – Rangkasbitung yang berwarna hijau. Rute ini membawa jumlah penumpang tertinggi kedua setelah rute Jakarta Kota – Bogor (jalur warna merah). Yang menarik, rute Jatinegara – Bogor menjadi rute satu-satunya yang melewati hampir seluruh wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Rute ini membentang sepanjang 69,4 kilometer dengan melewati 30 stasiun kereta, termasuk Kemayoran, Tanah Abang, Duren Kalibata, dan Depok.

3. Tanah Abang – Rangkas Bitung

Rute ketiga juga disebut KA Commuter Line dengan jalur warna hijau. Ini adalah rute kereta api listrik terpanjang yang dikelola oleh PT KCI. Memiliki panjang rel 72,769 kilometer, mulai dari stasiun kereta Tanah Abang di Jakarta Pusat hingga ke pemberhentian terakhir di stasiun kereta Rangkas Bitung yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kereta melewati 19 stasiun kereta, beberapa di antaranya berada di Kabupaten Tangerang Selatan, seperti Sudimara, Serpong dan Rawabuntu. Penumpang dapat melanjutkan perjalanan ke Merak setelah transit di stasiun kereta Rangkas Bitung.

4. Jakarta Kota – Cikarang

KA Jakarta Kota – Cikarang atau biasa disebut Commuter Line jalur warna biru menghubungkan stasiun kereta Jakarta Kota ke stasiun kereta Cikarang. Kereta rute ini berjalan melalui lintasan rel dengan total panjang sekitar 43,1 kilometer (Cikarang melalui stasiun Pasar Senen) dan sekitar 44,0 kilometer (Cikarang melalui stasiun kereta Manggarai).

5. Duri – Tangerang

Rute kelima adalah jalur Duri – Tangerang atau Commuter Line jalur warna cokelat yang mengangkut penumpang dari pemberangkatan stasiun kereta Duri menuju ke stasiun kereta Tangerang. Terhitung mulai dari 5 Desember 2011, rute ini berjalan dengan panjang lintasan sekitar 19,3 kilometer. Rute melewati 11 stasiun kereta, termasuk Pesing, Rawa Buaya, dan Poris. Khusus stasiun kereta Batu Ceper di rute ini, juga dioperasikan sebagai stasiun transit untuk kereta bandara yang menuju Bandara Internasional Soekarno – Hatta.

6. Jakarta Kota – Tanjung Priok

Rute terakhir adalah Jakarta Kota – Tanjung Priok yang telah sepenuhnya beroperasi sejak 22 Desember 2015 dengan melewati empat stasiun kereta. Jadi, ini menjadi jalur rute KRL terpendek dengan panjang hanya sekitar 15,4 kilometer. Rute sebagian beroperasi sejak dari 5 Desember 2011 hingga beroperasi penuh pada saat ini. Rute ini juga disebut sebagai Commuter Line jalur warna pink dan melewati Jakarta Kota, Kampung Bandan, Ancol dan berakhir di stasiun kereta Tanjung Priok.

KRL Commuter Line sebagai moda transportasi utama bagi penumpang komuter Jabodetabek dalam beraktivitas sehari-hari

KRL Commuter Line sebagai moda transportasi utama bagi penumpang komuter Jabodetabek dalam beraktivitas sehari-hari (via wikipedia.org)

Dari enam rute, ada beberapa stasiun kereta api transit di mana penumpang dapat melanjutkan perjalanan mereka ke rute lain. Stasiun kereta transit itu termasuk Tanah Abang, Manggarai dan Senen. Lokasi strategis mereka menjadikan mereka sebagai stasiun kereta transit atau stasiun penghubung. Misalnya, penumpang dapat berangkat dari stasiun kereta Jakarta Kota (rute Jakarta – Bogor), lalu transit di stasiun kereta Manggarai kemudian melanjutkan perjalanan ke stasiun Karet (melalui rute kereta Jatinegara – Bogor).

Kecuali ada kesalahan teknis, moda transportasi KRL sangat dapat diandalkan dan memiliki biaya ongkos yang terjangkau. Hanya persiapkan diri Anda untuk situasi yang sangat ramai selama jam sibuk, seperti naik KRL di pagi dan sore hari, ketika penumpang biasanya berangkat ke kantor mereka dan kembali ke rumah. Nah, bagi Anda yang tertarik, silahkan mencoba untuk naik KRL Commuter Line!

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.