Gemerlap Pencakar Langit dari 132 Meter


Halo Jakartans! Monumen Nasional (Monas) kini tidak lagi tutup pukul 16.00 WIB. Dengan adanya Wisata Malam Monas yang resmi dibuka pada 5 April 2016 lalu, pengunjung kini lebih leluasa beraktivitas hingga pukul 22.00 WIB.

Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB. Sejumlah pengunjung tampak baru saja menapaki puncak Monas. Begitu tiba di puncak, mereka langsung disambut oleh desir angin. Berada di ketinggian 132 meter, memandang kota Jakarta dengan kerlap-kerlip lampu menjadi sensasi tersendiri.

Sejauh mata memandang kerlip lampu jalanan berpendar menyatu dengan lampu-lampu gedung pencakar langit, menunjukkan geliat kota Megapolitan Jakarta yang tetap hidup dikala matahari terbenam.

Menikmati pemandangan malam hari kota Jakarta melalui puncak Monas

Menikmati pemandangan malam hari kota Jakarta melalui puncak Monas (via wego.co.id)

Area wisata Monas di malam hari menjadi pengalaman baru bagi warga Jakarta. Program ini diresmikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di tahun 2016. Tentunya, wisata malam ini akan banyak menarik pengunjung, mengingat saat siang hari kawasan di jantung kota ini sangat terik.

Berdasarkan informasi Pengelola Kawasan Monas, semenjak Wisata Malam Monas dibuka, jumlah kunjungan ke Monas meningkat tajam. Wisata Malam ini banyak dikunjungi oleh karyawan sepulang kerja. Bahkan ada karyawan yang juga membawa keluarga.

Anda dapat menggunakan teropong untuk menikmati kerlap-kerlip gedung-gedung pencakar langit kota Jakarta

Anda dapat menggunakan teropong untuk menikmati kerlap-kerlip gedung-gedung pencakar langit kota Jakarta (via phinemo.com)

Saat berada di puncak Monas, jangan lewatkan melihat Jakarta dari lensa kaca pembesar atau teropong yang tersedia dua unit di setiap sudut. Ikuti petunjuknya untuk menggunakan teropong, maka gedung-gedung bertingkat akan terlihat jelas. Untuk menunjang Wisata Malam Monas, pihak pengelola akan terus mengupayakan pembenahan infrastruktur. Misalnya, penambahan penerangan yang sangat dibutuhkan pengunjung. Selain itu, air mancur yang sejak 2008 tidak aktif dan pernah menjadi andalan hiburan malam hari di kawasan Monas juga telah dihidupkan kembali lewat kerja sama dengan bantuan CSR dari perusahaan swasta. Bahkan, akan ditambah juga satu lagi Lenggang Jakarta yang menampung pedagang kaki lima di dekat Stasiun Gambir.

Wisata Malam di Monas

Monumen Nasional berisi rangkaian sejarah berdirinya Indonesia. Karena itu, Monas menjadi tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan jika berada di Jakarta. Sehingga keberadaan Monas bukan hanya kebanggaan milik warga DKI, namun kebanggaan seluruh bangsa.

Jadwal Operasional :

  • Shift pagi (normal) : Pukul 07.30 – 16.00 WIB.
  • Shift siang : Pukul 14.00 – 22.00 WIB.

Tiket :

  • Rp 20.000 (dewasa) dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Untuk kunjungan siang hari tiket dibatasi hanya 1.800 orang, malam hari 700 orang.

Siang hari, Monas untuk masyarakat daerah. Wisata Malam Monas untuk masyarakat sekitar Jakarta. Lebih dari 60 personil keamanan disiagakan untuk menjaga kawasan wisata Monas. Puncak Monas berada di ketinggian 132 meter. Dari tempat itu pengunjung bisa melihat pemandangan Jakarta yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.