Hutan Kota Untuk Lingkungan dan Keseimbangan Ekologi


Halo Jakartans! Hutan Kota memiliki fungsi dan manfaat strategis terhadap perbaikan kualitas lingkungan dan kenyamanan kota Jakarta. Selain dapat menciptakan keseimbangan ekologi, juga menyediakan air tanah, mengurangi banjir, mereduksi pemanasan global, serta tempat rekreasi.

Hutan Kota merupakan sekelompok pohon yang tumbuh di dalam kota atau pinggiran kota. Dalam arti yang lebih luas bisa berupa banyak jenis tanaman keras atau pohon yang tumbuh di sekeliling permukiman. Hutan kota bisa merupakan hutan yang disisakan pada perkembangan kota atau sekelompok tanaman yang sengaja dibuat untuk memperbaiki lingkungan kota.

Di Jakarta, di tengah belantara beton dengan pencakar langitnya yang menjulang, di tengah hiruk pikuknya sebagai kota metropolitan, ternyata masih menyisakan hutan-hutan kota yang rimbun dan asri. Contohnya Hutan Kota Srengseng yang berada di kawasan padat penduduk, Jakarta Barat.

Hutan Kota seluas 15 hektar ini, tak hanya membuat hijau kawasan tersebut, juga sebagai penyangga air, penyediaan keanekaragaman hayati dan habitat berbagai satwa liar. Ada juga Hutan Kota Penjaringan. Sebelum disulap menjadi Hutan Kota, kawasan di sekitar jalan Tol Sedyatmo, tepatnya di wilayah Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara ini merupakan daerah kumuh. Area seluas hampir 13,6 hektar ini merupakan hunian liar bagi para pemulung. Warga sekitar menyebutnya sebagai daerah Kebon Pisang.

Gapura Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara

Gapura Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara (via catatan-si-mungil.blogspot.com)

 

Hutan Kota Penjaringan yang hijau

Hutan Kota Penjaringan yang hijau (via teluklove.com)

Saat ini, “zona merah” tersebut telah disulap menjadi hutan kota yang asri. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menamainya sebagai Hutan Kota Penjaringan. Letaknya memang tak terlalu strategis. Bahkan akses masuknya pun sedikit sulit ditemukan. Pasalnya hutan kota ini menyatu dengan perkampungan penduduk.

Namun, keberadaan hutan kota yang berseberangan dengan kawasan ex Kalijodo ini serupa oase menyejukan dengan pepohonan yang rimbun dan teduh. Tak hanya itu, jogging track yang cukup panjang juga menjadi sarana olahraga bagi masyarakat sekitar. Biasanya kalau sore hari hutan kota ini didatangi oleh ibu-ibu sambil membawa anak-anaknya untuk bermain dan bersepeda.

Tidak ada pungutan biaya untuk masuk ke Hutan Kota Penjaringan ini, terkecuali untuk tempat pemancingannya. Warga bisa memanfaatkan hutan untuk aktivitas seperti berolahraga atau bahkan bersosialisasi dengan warga lainnya. Hutan Kota Penjaringan juga dilengkapi dengan pendopo. Jika ada acara, pendopo ini terkadang dimanfaatkan warga sebagai tempat berkumpul bersama. Gardu panjang juga tersedia di hutan yang mulai di tata sejak 2010 ini.

Selain itu, di hutan kota Penjaringan, masyarakat di sekitar Tebet, Jakarta Selatan juga tidak asing lagi dengan Taman Honda Tebet. Masyarakat mungkin lebih mengenalnya sebagai Taman Honda Tebet. Namun dulunya, taman ini adalah Hutan Kota yang sangat rimbun. Penataan yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta membuat hutan ini menjadi tempat yang cukup ideal untuk rehat sejenak tanpa perlu harus melancong jauh ke luar kota.

Taman Honda Tebet yang rimbun dan asri di Jakarta Selatan

Taman Honda Tebet yang rimbun dan asri di Jakarta Selatan (via backpackerjakarta.com)

 

Taman Honda Tebet juga dilengkapi fasilitas bermain anak

Taman Honda Tebet juga dilengkapi fasilitas bermain anak (via ajourneybespoke.com)

Dibandingkan hutan kota lain, Hutan Kota Tebet memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Jogging track yang panjang, area plaza untuk beragam aktivitas serta sarana pendukung lainnya seperti kamar mandi dan tempat ibadah. Tidak hanya menikmati udara segar. Saat hari Minggu, pengunjung pun bisa menikmati beragam kegiatan di sini. Biasanya merupakan kegiatan yang diadakan oleh komunitas-komunitas tertentu yang ada di ibu kota.

Selama ini keberadaan hutan kota tidak hanya menjadi “nafas” bagi hiruk pikuk Jakarta. Hutan Kota juga menyandang fungsinya sebagai kawasan penyangga untuk lingkungan perkotaan yang krisis terutama menyangkut pencemaran udara. Hutan kota sekaligus juga sebagai area konservasi bagi keragaman hayati. Misalnya, hutan mangrove di daerah Muara Angke yang berperan sebagai area konservasi. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Daftar Hutan Kota Yang Ada di DKI Jakarta

  • Hutan mangrove Muara Angke di Jakarta Utara.
  • Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara.
  • Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.
  • Taman Honda Tebet di Jakarta Selatan.
  • Hutan Kota Kemayoran di Jakarta Pusat.
  • Hutan Kota Kampung Dukuh di Jakarta Timur.
  • Hutan Kota Halim di Jakarta Timur.
  • Hutan Kota Cilangkap di Jakarta Timur.
Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.