Inilah Ciri Makanan Mengandung Zat Berbahaya


Waspada zat kimia beracun pada makanan Anda

Waspada zat kimia beracun pada makanan Anda (via merdeka.com)

Halo Jakartans! Tanpa disadari, saat ini banyak produk makanan yang kita santap ternyata mengandung zat kimia berbahaya. Mulai digunakan sebagai pewarna, penyedap rasa, pengawet, serta campuran lainnya. Hasil razia yang dilakukan di pasar tradisional dan supermarket menunjukkan betapa banyak produk makanan yang ditenggarai mengandung bahan pengawet seperti boraks, formalin, serta zat pewarna rhodamin.

Ironisnya, zat kimia berbahaya itu kerap digunakan untuk produk makanan yang sering dikonsumsi masyarakat seperti mie, tahu, ikan, daging, buah, dan beberapa sayuran. Makanan yang mengandung bahan pengawet seperti formalin dan boraks, jika terus menerus dikonsumsi bisa menimbulkan gangguan hati, jantung, pencernaan, kanker, dan ginjal.

Pada dosis cukup tinggi, pengawet ini bisa mengakibatkan pusing, mual, muntah, mencret, kram perut, kejang, depresi susunan saraf, dan gangguan peredaran darah.

Nah, berikut adalah beberapa ciri atau tanda produk makanan yang mengandung boraks, formalin, dan pewarna rhodamin :

A. Ciri Makanan Berformalin

  • Mie Basah : tidak lengket, warnanya mengkilap, tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar, bisa bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 derajat).
  • Tahu : tahu yang mengandung formalin umumnya teksturnya terlalu keras, kenyal tetapi tidak padat, bisa tahan selama tiga hari dalam suhu kamar, jika disimpan dalam kulkas bisa bertahan hingga 15 hari.

B. Ciri Makanan Mengandung Boraks

  • Mie Basah : teksturnya kental, lebih mengkilap, tidak lengket, dan tidak cepat putus.
  • Bakso : teksturnya sangat kental, warnanya tidak kecokelatan seperti penggunaan daging, lebih cenderung berwarna agak putih bersih.
  • Snack : Makanan ringan yang memakai pengawet boraks biasanya memiliki tekstur kenyal, berasa tajam, sangat gurih, dan memberikan rasa getir.

C. Ciri Makanan Menggunakan Zat Pewarna Rhodamin

  • Warnanya mencolok.
  • Cerah mengkilap.
  • Warnanya tidak homogen (ada yang menggumpal).
  • Ada sedikit rasa pahit.

(Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.