Jakarta Akan Punya Bioskop Murah Yang Merakyat


Halo Jakartans! Sebagaimana kita ketahui, Kota Jakarta adalah kota megapolitan yang super sibuk dengan segala aktivitas warganya. Geliat perekonomian menjadi denyut nadi yang tiada henti berputar. Tak heran pusat hiburan pun turut tumbuh subur di Ibukota tercinta, mulai dari gedung hotel yang menjulang tinggi hingga maraknya pusat perbelanjaan dengan aneka hiburan di dalamnya. Hal tersebut memang telah menjadi sebuah kewajaran bagi masyarakat Jakarta yang haus akan kebutuhan hiburan setelah penat dalam mencari nafkah.

Sayangnya, mayoritas jenis hiburan yang ada lebih banyak dinikmati oleh segmen masyarakat tertentu saja, lebih tepatnya bagi kalangan menengah ke atas. Sadar akan hal ini, gembira rasanya begitu mendengar kabar bahwa Pemprov DKI Jakarta berencana menyediakan Bioskop murah untuk rakyat. Ya, memang sudah saatnya Jakarta memfasilitasi hiburan murah tapi tetap berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat.

Pasar tradisional Teluk Gong nantinya akan mempunyai bioskop murah

Pasar tradisional Teluk Gong nantinya akan mempunyai bioskop murah (via tribunnews.com)

Rencana ini sebenarnya sudah dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama, dan program ini sekarang diteruskan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. Rencananya Bioskop murah ini akan mengusung nama Indiskop yang khusus menayangkan film kreasi anak bangsa saja dengan harga relatif terjangkau, yaitu Rp 15.000 – Rp 20.000. Nantinya reservasi tiket nonton pun bisa dilakukan secara online. Khusus film asing, terdapat seleksi penayangan dimana prioritas hanya untuk film asing yang bersifat edukasi dan dokumenter.

Bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PD. Pasar Jaya, pihak swasta Keana Films akan menyediakan bioskop Indiskop di tiga lokasi pasar tradisional, yakni Pasar Teluk Gong di Jakarta Utara, Pasar Kenari di Jakarta Pusat, dan Pasar Metro Atom di Jakarta Pusat juga. Bioskop independen ini akan menempati gedung pasar-pasar yang sudah ada setelah nantinya melalui renovasi dan revitalisasi, dan akan melengkapi fasilitas pasar kedepannya. Tentunya ini juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian pedagang pasar setempat.

Peletakan baja pertama sekaligus acara peresmian pembangunan Bioskop Indiskop Teluk Gong

Peletakan baja pertama sekaligus acara peresmian pembangunan Bioskop Indiskop Teluk Gong (via poskotanews.com)

Pada hari Jumat, 23 November 2018, Pemprov DKI resmi meluncurkan groung breaking Bioskop Indiskop di Pasar Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam acara ini turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, Direktur Utama Keana Films Marcella Zalianty, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) Hari Sungkari, dan pihak konsorsium dari PD. Pasar Jaya.

Sebagai tahap awal, Bioskop murah di Teluk Gong ini akan terintegrasi dan menyatu dengan dengan pusat jajanan kuliner yang ada di pasar, dan nantinya akan memiliki kapasitas penonton hingga 112 orang per studio. Direncanakan akan memiliki total 2 studio. Hebatnya lagi, akan ada kegiatan pelatihan dan penyuluhan seni seperti kelas akting disini. Keren bukan?

Bioskop Indiskop Teluk Gong adalah proyek percontohan dan diharapkan rampung pada Januari 2019. Jadi, kita tunggu saja tanggal mainnya!

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.