JakGrosir Bangun Pusat Perkulakan di Pulau Seribu


Halo Jakartans! Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun pusat perkulakan di Kepulauan Seribu. Pusat perkulakan atau dikenal JakGrosir ini akan menjadi kapal induk bagi pasokan sembako untuk masyrakat Jakarta. Setiap kebutuhan pokok yang dijual di JakGrosir dijamin lebih murah ketimbang grosir lainnya.

Namun, JakGrosir hanya untuk pedagang di Pasar Jaya dan bukan untuk end user atau pengguna. Dengan adanya JakGrosir di Kepulauan Seribu, pihaknya berupaya menjaga disparitas harga dengan harga-harga kebutuhan pokok di daratan Jakarta. JakGrosir bakal menjadi salah satu channel industri primadona PD Pasar Jaya selain Jakmart, Mini DC, dan Mom & Pop Store. JakGrosir ini berfungsi sebagai wholesaler retail yang akan memasok kebutuhan sembako bagi pedagang Pasar Jaya.

JakGrosir di Pasar Induk Kramat Jati

JakGrosir di Pasar Induk Kramat Jati (via merdeka.com)

Pemprov DKI Jakarta menginginkan agar pembangunan JakGrosir di Kepulauan Seribu menjadi prioritas PD Pasar Jaya. Saat ini, JakGrosir baru ada di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Kehadiran JakGrosir ini sangat dibutuhkan di Jakarta, terutama Kepulauan Seribu. Pembangunan JakGrosir akan segera dipercepat prosesnya, tidak bisa ditunda lagi.

Masyarakat di Kepulauan Seribu belum tersentuh secara serius, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok mereka. Saat ini, warga Kepulauan Seribu sering berbelanja kebutuhannya di Kali Adem, Jakarta Utara atau di pasar tradisional di Tangerang. Dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta sempat berkantor di Pulau Seribu tiap bulannya untuk memastikan warga pulau mendapat perhatian pemerintah.

Sengaja Pilih Pulau Tidung

Pemprov DKI Jakarta telah memutuskan JakGrosir nantinya akan dibangun di Pulau Tidung. Pulau ini lokasinya dinilai paling tepat karena menjadi tempat strategis bagi warga Kepulauan Seribu yang di pulau-pulau lainnya yang jauh dari daratan Jakarta. Yang jelas, akses lokasinya yang mudah dijangkau masyarakat di pulau lainnya. Rencana pembangunan JakGrosir tersebut sudah disetujui anggota DPRD DKI Jakarta.

Penampakan JakGrosir Kramat Jati

Penampakan JakGrosir Kramat Jati (via beritajakarta.id)

Rencana membangun JakGrosir sudah intens dikoordinasikan dengan Bupati Kepulauan Seribu. Lahannya sudah sudah siap dan ditetapkan. Biasanya, pembangunan JakGrosir sendiri bisa mencapai 4 bulan. Nantinya, JakGrosir itu bisa menampung 5.000 item kebutuhan pokok masyarakat yang dipasok langsung dari supplier. Sehingga nantinya, warga di Kepulauan Seribu bisa menikmati kebutuhan pokok yang murah dan terjangkau.

Jaga Disparitas Harga

Selain memangkas rantai distribusi kebutuhan pokok, Pemprov DKI Jakarta akan meningkatkan layanan transportasi logistik bagi warga Kepulauan Seribu. Sudah direncanakan agar Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan kapal khusus yang terintegrasi dengan TransJakarta.

Pihak PD Pasar Jaya pada prinsipnya siap membangun JakGrosir di pulau manapun, sesuai keputusan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan JakGrosir ini telah direncanakan sejak tahun 2016 silam di setiap wilayah Jakarta. Sebelum diputuskan di Pulau Tidung, semula rencananya akan dibangun di antara beberapa pilihan yakni Pulau Pramuka, Karya, Untung Jawa, atau Kali Adem. Lahan yang dibutuhkan untuk membangun JakGrosir seluas 1.000 meter persegi.

Pembangunan JakGrosir sendiri membutuhkan anggaran hingga Rp 2 miliar. Nantinya, kebutuhan pokok yang dijual di JakGrosir akan lebih murah 10 persen ketimbang harga di grosir lainnya. Kelak, JakGrosir diharapkan akan menjadi barometer ekonomi di Ibukota. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.