JSC Lounge Solusi Untuk Permasalahan Jakarta


Halo Jakartans! Jakarta Smart City Lounge atau JSC Lounge hadir untuk mengetahui kondisi terkini Jakarta. Kondisi macet, banjir, sampah, tempat wisata, wilayah rawan kriminalitas hingga pelayanan izin dapat terlihat dengan jelas lewat LCD Wall. Diharapkan dengan cara ini segera dicarikan solusi untuk penanganannya.

Ruangan seluas 500 meter persegi di lantai 3, blok B Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, disulap menjadi etalase seluruh kota Jakarta. Betapa tidak, melalui 21 monitor (LCD wall) berukuran masing-masing 50 inch, kita bisa melihat segala permasalahan Jakarta, lengkap dengan solusi yang ditawarkan.

Ya, inilah Jakarta Smart City Lounge. Sebuah pusat kendali (command center) terintegrasi dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tepat di belakang command center ini, dibangun meeting room yang dilengkapi deretan meja berbentuk V. Hanya terpisahkan dengan dinding kaca, yang terkadang bisa ditutup-buka melalui tirai otomatis kaca.

Jakarta Smart City Lounge sebagai pusat kendali milik Pemprov DKI Jakarta

Jakarta Smart City Lounge sebagai pusat kendali milik Pemprov DKI Jakarta (via twitter @nugeswe)

Jakarta Smart City (JSC) itu sendiri merupakan portal aplikasi yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang disediakan untuk memberikan informasi kondisi Jakarta terkini kepada masyarakat luas. Bahkan, untuk memudahkan masyarakat agar bisa ikut berpartisipasi memantau kota Jakarta, Jakarta Smart City bekerja sama dengan beberapa startup aplikasi.

Tepat Ambil Keputusan

Menurut informasi dari Bidang Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Jakarta, konsep awal dibangunnya JSC Lounge diperuntukkan sebagai fasilitasi rapat Gubernur bersama pimpinan SKPD. Dengan melihat langsung setiap permasalahan di Jakarta, Gubernur bisa langsung menginstruksikan kepala SKPD terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secepatnya. Gubernur pun bisa memberikan arahan kebijakan yang tepat karena melihat permasalahan tersebut secara riil.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) JSC, keberadaan JSC Lounge merupakan tempat untuk menunjukkan (showcase) setiap permasalahan di Jakarta melalui layar besar. Setiap data yang dimiliki SKPD di Jakarta terintegrasi dengan baik melalui JSC. Namun, bukan berarti keberadaan JSC Lounge sebagai tempat untuk menggantikan pusat kendali (command center) yang sudah dimiliki SKPD sebelumnya. Karena beberapa SKPD juga telah memiliki command center, seperti di Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kebersihan, atau Dinas Perhubungan.

JSC Lounge dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya ruang meeting

JSC Lounge dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya ruang meeting (via dailysocial.id)

Contohnya, ketika ada kejadian kebakaran di satu wilayah, command center pada Dinas Pemadam Kebakaran bekerja seperti biasanya. Namun, sebagai tim support, JSC membantu mengarahkan jalan mana yang tercepat agar mobil pemadam kebakaran itu cepat sampai ke lokasi. JSC pun bisa membantu memadukan dengan instansi lainnya, seperti ambulance terdekat dengan lokasi kebakaran, petugas Dinas Perhubungan yang bisa mensterilkan jalur kebakaran, atau sumber air terdekat dengan lokasi kebakaran.

JSC Lounge ini terdiri dari beberapa bagian, yakni ruang meeting, command center, coworking space, developer room, dan lainnya. Lounge sendiri merupakan singkatan dari Learn (belajar), Open (terbuka bagi siapa saja), Unity (kemitraan), Network (jaringan kerja), Guidance (arahan), dan Excellence (berkinerja unggul).

Transparansi

Melalui portal Jakarta Smart City, Pemprov DKI berupaya memberikan informasi yang transparan dengan memperlihatkan hasil kinerja Pemprov DKI Jakarta dalam menangani permasalahan yang ada di Jakarta. Portal Jakarta Smart City juga dapat membantu masyarakat untuk mengetahui fasilitasi umum untuk dijadikan referensi dan informasi sesuai kebutuhan sehari-hari.

Dimulai sejak masa kepemimpinan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, demi meningkatkan transparansi mengenai informasi publik dan layanan publik, maka Gubernur DKI Jakarta menginstruksikan agar semua SKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk mempublikasikan data mereka ke publik melalui portal open data Jakarta dan divisualkan secara interaktif melalui Jakarta Smart City.

Ada banyak informasi yang bisa diakses masyarakat melalui Jakarta Smart City, mulai dari harga sembako, posisi bus dan rute TransJakarta, Closed Circuit Television (CCTV) online, perpustakaan, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), pompa air, dan data lainnya. Melalui Jakarta Smart City ini, masyarakat dapat berpartisipasi melaporkan segala permasalahan yang ada di lingkungannya. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.