Kampung Hidroponik Pengadegan Yang Hijau


Mengolah Kreativitas di Lahan Terbatas

Halo Jakartans! Kelurahan Pengadegan di Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, dalam beberapa waktu terakhir sukses menjadi sorotan masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Keberhasilan warga di kelurahan tersebut dalam mengubah lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lebih asri dan hijau, dinilai sebagai prestasi dan terobosan.

Jika Anda bertandang ke salah satu RW di kelurahan tersebut, yakni RW 07, pemandangan asri, hijau, dan indah langsung terasa sejak dari pintu masuk Jalan Pengadegan Utara IV. Kemudian, begitu memasuki salah satu gapura pertama yang dijumpai bertuliskan RT 02 RW 07, Anda akan disambut pemandangan yang lebih hijau.

Gapura memasuki kawasan kampung Hidroponik Pengadegan, Jakarta Selatan

Gapura memasuki kawasan kampung Hidroponik Pengadegan, Jakarta Selatan (via kataindonesia.com)

 

Warga Pengadegan dengan bangga menunjukkan berbagai tanaman di halaman rumah hingga jalanan kampung

Warga Pengadegan dengan bangga menunjukkan berbagai tanaman di halaman rumah hingga jalanan kampung (via indopos.co.id)

Pepohonan berbagai jenis tertanam rapi di dalam pot besar yang dijejerkan di pinggir jalan sepanjang dari gapura hingga ke dalam perkampungan. Pepohonan tersebut persis diletakkan di sekitar rumah penduduk yang memadati RT 02. Sekitar sepuluh meter dari gapura, pemandangan lebih hijau terlihat lebih jelas karena pepohonan tersebut semakin banyak dengan jenis yang beragam.

Namun, pemandangan sedikit berbeda mulai terlihat saat di dalam gang kecil yang meliuk-liuk di dalam perkampungan. Selain pepohonan di dalam pot, aneka tanaman dan sayuran terlihat ditanam di atas pot bertingkat. Pemandangan tersebut, semakin lengkap, karena tembok gang yang menjadi pembatas langsung dengan rumah penduduk, seluruhnya dilukis dengan aneka tema yang mengambil dari alam.

Tampak suasana asri di salah satu gang di kampung Hidroponik, Pengadegan

Tampak suasana asri di salah satu gang di kampung Hidroponik, Pengadegan (via tribunnews.com)

 

Tanaman hidroponik yang menghiasi salah satu sudut jalan di kawasan Pengadegan Utara IV, selain sedap di pandang juga memberikan manfaat ekstra, karena warga juga mengolahnya menjadi obat-obatan tradisional

Tanaman hidroponik yang menghiasi salah satu sudut jalan di kawasan Pengadegan Utara IV, selain sedap di pandang juga memberikan manfaat ekstra, karena warga juga mengolahnya menjadi obat-obatan tradisional (via tribunnews.com)

Indah bukan? Berdasarkan informasi dari Ketua RT 02 RW 07 Tedja Sukmana, warga sekitar telah melakukan penghijauan sejak tiga tahun lalu. Pujian patut diberikan kepada mereka karena pemandangan asri seperti ini jarang ditemui di permukiman lain.

Tedja menjelaskan, pepohonan yang ditanam di dalam pot besar, memang bertujuan untuk membuat lingkungan menjadi asri dan hijau. Sementara, tanaman dan sayuran yang ditanam di dalam pot bertingkat dan pot kecil, selain untuk menambah keindahan, juga berfungsi sebagai obat dan ketahanan pangan warga kampung.

Apotek Hidup

Biasanya, Tedja melanjutkan, jika ada warga kampung ataupun luar kampung yang sedang sakit atau terluka dan memerlukan obat tradisional, maka dia langsung mempersilakan untuk memetik beberapa jenis tanaman obat. Atau, di lain waktu, jika ada warga yang bingung harus mencari obat tradisional, maka dia dengan senang hati akan menunjukkan sejumlah tanaman obat dan menjelaskan khasiatnya.

“Warga sekarang senang karena untuk pengobatan ringan, cukup memetik tanaman di depan rumah mereka saja” tutur dia. Untuk sayuran yang juga ditanam di dalam gang, Tedja tanpa ragu menyebut itu sebagai inovasi untuk membiasakan warga bertani di lahan yang terbatas. Konsep bertani di lahan terbatas, menjadi pilihan warga, karena selama ini semuanya tergantung pada pasokan dari pasar tradisional atau modern yang semuanya didatangkan dari luar Jakarta.

“Walau sekarang sayuran yang dipanen masih sangat sedikit, tetapi ini impian kami ke depan. Kami ingin bisa bertani dan bisa memenuhi kebutuhan pangan kami sendiri. Istilahnya, menciptakan ketahanan pangan untuk kami sendiri,” jelas dia.

Di luar tujuan besar yang bertahap ingin di wujudkan itu, Tedja mengingatkan, program gang hijau yang menuai sukses di lingkungan RT, juga memiliki tujuan lebih mulia yaitu menghidupkan kembali semangat gotong royong yang semakin pudar di masyarakat. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Sekilas Kampung Hidroponik Jakarta

  • Berlokasi di Jalan Pengadegan Utara IV, Kelurahan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan.
  • Melibatkan RW 01, RW 03, RW 07, RW 08. Sedangkan RW lain saat ini sedang dalam proses pembangunan.
  • Jenis tanamannya antara lain : Bayam, Sawi, Bayam merah, Selada, Terong ungu, Binahong, dan lain-lain.
  • Berfungsi untuk menambah ruang hijau dan meningkatkan kualitas udara bersih di Jakarta Selatan.
Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.