Ketan Susu Kemayoran, Legitnya Bikin Ketagihan


Halo Jakartans! Camilan Betawi yang satu ini menjadi primadona kuliner Kemayoran. Camilan khas itu tak lain Ketan Susu (Tansu) yang tersohor melegenda karena kuliner ini sudah ada sejak 1958. Tak heran bila penikmatnya datang dari wilayah Jabodetabek.

Bertempat di mulut Gang Kemayoran 1, tepatnya di Jalan Garuda Ujung, Ketan Susu (Tansu) Kemayoran disajikan 24 jam bagi warga Ibukota. Menempati kios kecil, seluas 2×6 meter, Tansu Kemayoran banyak dikunjungi para penikmatnya. Layaknya warung kopi pinggiran jalan, Tansu Kemayoran pun terus digandrungi warga yang melintasi kawasan itu. Dua meja, lengkap dengan bangku dari papan panjang selalu terus penuh oleh pembelinya. Pun dengan bangku-bangku papan yang diletakkan di pinggir gang, di samping kios.

Ketan yang masih mengepul, tersimpan dalam sebuah baskom besar ditutupi kain. Sajian gorengan, seperti tempe, ubi, pisang, dan singkong berderet rapi di sampingnya. Kiosnya agak kusam dan sempit. Tiga orang pelayannya sigap melayani pembeli yang datang ke tempat itu.

Warung Ketan Susu atau Tansu di Kemayoran

Warung Ketan Susu atau Tansu di Kemayoran (via mockingjay-nest.blogspot.com)

 

Selain ketan susu, tersedia juga sajian gorengan sebagai kudapan

Selain ketan susu, tersedia juga sajian gorengan sebagai kudapan (via mockingjay-nest.blogspot.com)

Di bagian belakang, puluhan karung ketan tertumpuk rapi. Namun, ketan yang masih berupa beras ini merupakan milik toko kelontong yang ada di samping kios Tansu. Ketan-ketan itulah yang diolah sedemikian rupa untuk disajikan kepada pembeli. Masih di bagian belakang, sebuah ember besar pun berisikan ketan yang direndam dalam air. Kemudian ketan ini dimasak menggunakan dandang besar dengan cara dikukus. Proses ini berkesinambungan ketika ketan yang disajikan mulai habis diburu pembeli.

Selain karena murah, kelegitan Tansu ini membuat para penikmatnya ketagihan. Sebenarnya, Tansu merupakan sajian ketan biasa yang ditambahkan dengan parutan kelapa yang ditabur di atasnya. Kemudian biasanya disiram krimer kental manis dan dihidangkan dengan gorengan seperti tempe, ubi, pisang, dan singkong. Untuk minumannya ada juga teh poci, kopi susu, es jeruk, dan es teh manis.

Lokasi warung tansu persis di mulut Gang

Lokasi warung tansu persis di mulut Gang (via mockingjay-nest.blogspot.com)

Dulunya ketan tidak disiram krimer kental manis. Hanya ketan biasa kemudian ditaburkan dengan parutan kelapa dan ditambah dengan gorengan. Namun, pada tahun 2000, seorang pengunjung memberikan ide kepada sang pemilik warung untuk memberikan tambahan susu atau krimer agar agar memberikan variasi rasa. Hingga saat ini ketan susu atau tansu menjadi makanan favorit semua kalangan.

Tidak Buka Cabang

Pengelola Ketan Susu Kemayoran, Zainuri, 47 tahun, menuturkan Ketan Susu Kemayoran merupakan usaha peninggalan kakeknya, Tasnyad. Kini, usaha itu diteruskan oleh keluarga besarnya. Saat ini, Cucu Tasnyad ini ditemani oleh Ahmad (31 tahun) dan Saeful (23 tahun) melayani pembeli. Mereka merupakan cucu dan cicit Tasnyad yang sudah almarhum.

“Warung berdiri sejak 1958. Tapi mulai ramai dan dikenali sejak krismon, krisis moneter tahun 1998. Sehari bisa habis sekarung ketan, sampai sekarang. Dari dulu buka nonstop, 24 jam. Malah tahun 1965, tidak boleh buka malam karena ada jam malam waktu jaman PKI,” kata Zainuri.

Ketan Susu Kemayoran yang terkenal

Ketan Susu Kemayoran yang terkenal (via myfoottrip.com)

Diakuinya, para pengelola Ketan Susu Kemayoran itu telah memiliki usaha sendiri-sendiri. Seperti Warung Tegal, dan lainnya. Mereka hanya meneruskan usaha warisan keluarga secara aplusan atau bergantian. Putra pertama dari Reza ini, tak kepikiran untuk buka cabang karena kesibukan. Reza sendiri merupakan penanggung jawab warung itu, anak pertama Tasnyad.

Semua sajian di warung ini tak berbeda jauh dengan warung sejenis lainnya. Masih sesuai dengan harga pasar umumnya. Seporsi ketan susu dibanderol Rp 5000. Gorengan Rp 1000/buah, teh poci Rp 4000, teh manis Rp 2000 per gelas. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Resep Ketan Susu

Bahan-bahan :

  • Keju Parut 200 gram.
  • Daun Pandan 1 lembar.
  • Santan Kental 300 ml.
  • Krimer Kental Manis 1 kaleng.
  • Beras Ketan 500 gram.
  • Garam 1/2 sendok teh.

Cara membuat :

  1. Rendam beras ketan selama 2-3 jam.
  2. Siapkan dandang kukusan, kemudian kukus ketan dan daun pandan selama 15 menit.
  3. Sambil mengukus, didihkan santan dan garam.
  4. Setelah mendidih, siramkan bagian santan ke dalam ketan yang dikukus. Aduk dengan spatula sampai semua ketan terkena santan. Kukus lagi 15 menit.
  5. Setelah 15 menit, siram lagi dengan santan dan aduk ketan kembali sampai rata. Kukus selama 20-25 menit sampai matang.
  6. Setelah ketan matang, cetak dengan mangkuk, lalu hidangkan ketan dengan susu dan taburi atasnya dengan keju parut. Sajikan.
Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.