Kopimana27, Warung Kopi dan Penitipan Istri


Halo Jakartans! Kamu pecinta kopi? Tahu gak kenapa kopi itu hitam? karena abu-abu itu rawan kelabu. Siapa sih yang takut dengan hitamnya kopi? Lebih takut dengan hitam kelam masa lalu bukan? Ya! Kopi tidak melulu hitam, apalagi ditambah dengan susu bisa menjadi kopi susu, latte, cappucino, dan masih banyak lagi variannya. Konon katanya semakin hitam semakin jantan, mau espresso, piccolo, atau jangan pahit-pahit banget si machiatto? Uh, semuanya ada di Kopimana27!

Jadi, pertama dengar tempat ini dari salah satu teman saya, karena kami sama-sama penyuka kopi. Akhirnya dia merekomendasikan tempat ngopi ‘enak’ di area Tebet, Jakarta. Sudah dua kali mencoba untuk kesana tapi ternyata tutup. Pantas saja tutup wong kita kesana pukul 23.00 WIB. Sangat disayangkan tempat seasyik ini tutup di waktu anak muda baru mulai kehidupannya. Begitulah remaja Jakarta, lebih hidup saat malam.

Kopimana27 sangat ikonik dengan kata mutiaranya

Kopimana27 sangat ikonik dengan kata mutiaranya (via twitter.com/hashtag/kopimana27)

Membuka kedai kopi ditengah kota memang seperti sedang musim. Wajar dan pintar karena Indonesia adalah salah satu penghasil kopi dan teh terbesar dunia. Oleh karena itu jangan heran kalau banyak sekali pesaingnya. Kita harus pintar untuk memiliki karakter dan sesuatu yang mudah diingat oleh pembeli. Sebagai pembeli biasanya mendengar dari beberapa rekomendasi teman yang sudah pernah mampir. Maka dari itu, membuat brand bisa terdengar dari mulut ke mulut sangatlah penting. Walaupun, sosial media juga sangat berperan untuk melakukan promosi.

MASUK KE KOPIMANA27

Kopimana27 letaknya tepat berada di Jalan Prof. DR.  Supomo no 45, Tebet, Jakarta. Kalau Anda dari arah selatan Jakarta, lurus terus dari Manggarai, ada di deretan kiri setelah supermarket warung sahid. Kalau hanya lewat sekilas saja, akan ada tulisan yang jelas terpampang “Selayaknya Istri, Kopi adalah titipan“. Menarik bukan? Siapa yang tega tidak mampir untuk menjemput titipan. Oiya, kedai kopi yang satu ini buka mulai dari pukul 08.00 hingga 23.00 WIB, jangan sampai terlewat ya!

INDOOR

Walau tidak terlalu luas, tapi Kopimana27 sangat nyaman untuk kongkow

Walau tidak terlalu luas, tapi Kopimana27 sangat nyaman untuk kongkow (via helloteloer.blogspot.com)

Jika dilihat dari luar, tempat ini memang tidak begitu luas, tapi cukup untuk tempat ngobrol sepulang kerja. Bertemu teman lama, bahkan ngomongin proyek bareng, nge-date berdua juga asik. Ada tiga ruangan disana, pertama kali saat membuka pintu yang terlihat adalah beberapa gantungan sepatu dan koran-koran antik. Lalu ada bar di sebelah kiri, dengan menu-menu terpampang diatasnya, beberapa gelas yang sengaja dipajang. Ada mesin kopi pastinya, lalu ada beberapa donat dan roti didalam lemari kaca kecil. Didepan bar ada sekitar tiga pasangan kursi dan meja, cocok jika Anda hanya pergi berduaan kesini.

FREE-SMOKING AREA

Nah, saat menengok ke kanan disediakan pula ruangan dengan sofa panjang menempel di tembok. Dipasangkan dengan beberapa kursi kecil didepannya, juga meja-meja bundar menemani. Lagi-lagi ada rak buku yang terpajang disana, tidak hanya itu masih ada beberapa kursi yang dipasangkan dengan meja panjang. Di luar ruangan, khusus untuk para penyuka kopi sekaligus rokok agar tidak mengganggu kenyamanan sekitar, diberi beberapa tanaman hijau di area Free-Smoking.

Rak buku tampak serasi dengan furniture meja kursi yang senada

Rak buku tampak serasi dengan furniture meja kursi yang senada (via tripadvisor.co.id)

Lalu, disamping kanan bar dari arah masuk ada empat kursi tinggi yang menghadap langsung kearah jalan depan Kopimana27, dihiasi dengan beberapa pot kecil yang lucu. Lalu ada rak buku yang cukup tinggi, buku-buku yang disediakan pun sangat patut untuk dibaca. Contohnya buku series dari sastrawan dan sejarawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Adapula beberapa buku dari Tere Liye, Ahmad Fuadi, Andrea Hirata, buku-buku terjemahan dan masih banyak yang lainnya.

WORK-SPACE

Lalu disebelah kiri bar ada meja panjang. Mungkin sengaja diperuntukkan bagi mereka yang datang beramai-ramai. Jika ingin diskusi atau menyelesaikan kerja kelompok, spot ini cocok banget untuk ditempati.

Kalau kamu sudah memilih tempat duduk yang tepat dan nyaman, langsung saja pesan menu dan bayar di tempat. Membayarnya bisa cash atau debit. Tidak hanya kopi, mulai dari makanan ringan untuk cemilan sampai yang mengenyangkan pun ada. Baristanya terkadang perempuan semua, cantik dan ramah pula. Setelah memesan kamu akan diberi remote kecil, jika pesanan sudah siap diambil akan ada bunyi dan lampu merah dari remote ini. Lucukan? Lebih enak lagi kamu bisa refill air putih gratis loh, yakin gak mau coba?

Terdapat juga ruangan terbuka, cocok buat kamu yang ingin kopi sambil merokok

Terdapat juga ruangan terbuka, cocok buat kamu yang ingin kopi sambil merokok (via lisnadwi.com)

Kabar baik lagi, jangan gelisah dan gundah. Bagi kamu yang ingin berlama-lama disini tapi tak ingin ketinggalan ibadah, ada musholla dan kamar mandi aesthetic didalamnya.

Tapi, tidak hanya tempatnya saja loh yang nyaman, enak, dan menarik. Menu andalan dari Kopimana juga sangat legendaris, mau tahu apa saja menu andalannya? Baca artikel berikutnya tentang Kopi Buatan Istri, Tancap!

 

Bagikan :
Avatar

Riska Rahma Dea

Hai! Im a college student in English major, I'd like to write and You can read my blog riskarahde.blogspot.com

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Jakartan ID Jakartan ID berkata:

    Thank you, hope it helps!

  2. Avatar Anonim berkata:

    So glad to see this Jakartan, thankyou!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.