Kuliner Betawi Penjaga Tradisi Budaya



Mengenal Makanan Khas Betawi

Halo Jakartans! Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi tempat yang dituju berbagai pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini membuat banyaknya persilangan budaya yang terjadi di Jakarta, sehingga budaya asli Jakarta, yakni Betawi, terus tersisihkan dengan banyaknya budaya lain yang masuk ke ibu kota. Salah satunya, kuliner Betawi. Makanan tradisional asli Betawi terus tergeser karena banyak hal. Mulai tidak ada lagi generasi penerus yang ingin membuat masakan Betawi, minimnya pendidikan tentang kuliner Betawi di sekolah, hingga semakin sedikit pedagang yang memasarkan kuliner khas Betawi. Padahal, seharusnya keluarga Betawi tetap mempertahankan resep-resep leluhur yang sudah ada dan diturunkan kepada generasi penerusnya saat ini. Sebab, terjaganya suatu budaya dapat dimulai dari tahap keturunan dalam keluarga.

Nah, berikut ini adalah sejumlah kuliner Betawi yang sudah semakin sulit ditemui.

1. Bubur Ase

Bubur Ase

Bubur Ase (via saliha.id)

Bubur Ase, memadukan dua rasa yang cukup dominan, yaitu pedas dan manis. Rasa pedas dan segar berasal dari racikan asinan, sementara manis berasal dari semur. Penyajiannya dengan mencampur bubur, racikan asinan dan semur, ditambah sambal.

2. Dodol

Dodol Betawi

Dodol Betawi (via oleholehbekasi.co.id)

Relatif mudah dicari, walau hanya bisa ditemui di lokasi tertentu. Makanan kenyal dan manis ini begitu nikmat dikonsumsi bersama teh maupun kopi.

3. Kembang Goyang

Kembang Goyang

Kembang Goyang (via indonesiakaya.com)

Memiliki rasa cenderung manis dan juga gurih. Bentuknya memang menyerupai kembang, sementara ketika dikunyah membuat mulut bergoyang.

4. Kue Biji Kacang

Kue Biji Kacang

Kue Biji Kacang (via pinterest.com)

Kue ini memiliki rasa gurih dan garing, mirip pangsit pada masakan mie ayam. Hanya, ukurannya lebih kecil.

5. Wajik

Wajik Betawi

Wajik Betawi (via resepkoki.id)

Memiliki tekstur seperti butiran beras. Rasanya manis dan sedikit lengket. Sepintas mirip dengan dodol. Hanya, kue Wajik terbuat dari beras ketan, santan, serta gula merah.

6. Minuman Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang (via dapur.website)

Jenis minuman es selendang mayang ini masih mudah kita jumpai, rasa manis dari gula merah bercampur gurih dari santan memberikan rasa yang unik apalagi diminum dengan es yang segar. Minuman ini memiliki ciri khas pada sajian di dalamnya, yaitu berupa semacam kue manis dan kenyal.

7. Kue Rangi

Kue Rangi

Kue Rangi (via womantalk.com)

Kue bertekstur kasar ini memiliki rasa yang gurih dan manis pada bagian dalamnya. Dengan metode di panggang menjadikan bahan utama sagu jadi terasa lengket ketika dimakan. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

 

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.