Laboratorium Kebakaran Pertama di Indonesia


Halo Jakartans! Melengkapi tim pemadam kebakaran di masing-masing kota dan kabupaten administrasi, DKI Jakarta telah memiliki laboratorium pemadam kebakaran. Apa gunanya?

Laboratorium khusus pemadam kebakaran ini tidak hanya satu-satunya di Jakarta, tapi juga di Indonesia. Berdasarkan informasi dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, keberadaan laboratorium penting dan dominan dalam memecahkan teka-teki penyebab kebakaran.

Mobil Damkar milik Pemprov DKI Jakarta yang menjadi senjata untuk menangani kebakaran. Mobil tersebut dapat mengangkut air hingga 10.000 liter air serta dibekali berbagai alat seperti selang, tangga, dan masih banyak lagi

Mobil Damkar milik Pemprov DKI Jakarta yang menjadi senjata untuk menangani kebakaran. Mobil tersebut dapat mengangkut air hingga 10.000 liter air serta dibekali berbagai alat seperti selang, tangga, dan masih banyak lagi (via Media Jaya)

Bahkan, semua peristiwa kebakaran di Jakarta selalu melibatkan tim laboratorium. Ketika ada panggilan darurat, personil yang datang ke lokasi adalah tim pemadam dan tim laboratorium. Melalui riset di laboratorium, penyebab kebakaran bisa diketahui lebih detail dan rinci. Selain menganalisis kebakaran, laboratorium juga bisa berperan untuk menguji peralatan pencegahan pemadam kebakaran. Ini dimanfaatkan oleh pengusaha dan pemilik bangunan dari seluruh Indonesia. Caranya mudah, pemohon yang ingin melakukan pengujian hanya perlu mengajukan permohonan ke laboratorium terlebih dahulu. Setelah itu, baru kemudian laboratorium akan menyeleksinya dan memberi waktu pengujiannya.

Investigasi Lapangan

Saat terjadi kebakaran di satu lokasi, hal pertama yang akan dilakukan tim adalah mencari penyebab awal kebakaran. Setelah api dipadamkan, tim akan mencari dugaan sementara penyebab kebakaran dan kemudian membawa sampel penyebab ke laboratorium.

Investigasi dilakukan dalam dua sesi. Pertama, wawancara langsung. Kedua, melihat pola kebakaran. Dari situ, kemudian dilihat sumber asal api dan sampelnya diambil untuk kemudian dibawa ke laboratorium. Selain wawancara masyarakat sekitar, juga dilakukan pengambilan sampel di lapangan untuk di uji SEM (Scanning Electronic Microscope) di kantor di laboratorium.

Jadi saat ada kebakaran, tim pemadam kebakaran dulu yang turun ke lapangan, baru setelah padam, tim laboratorium turun untuk investigasi. Investigasi pemadam kebakaran di Indonesia hanya ada di Provinsi DKI Jakarta. Tak hanya fokus mencari penyebab kebakaran, saat berada di lapangan, tim laboratorium biasanya akan mendapatkan masukan dari masyarakat terkait peristiwa kebakaran tersebut. Masukan tersebut, kemudian akan disampaikan ke Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Provinsi DKI Jakarta dan nanti pihak DPKP akan menganalisanya untuk kemudian disosialisasikan kembali ke masyarakat.

Karakteristik Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan

Kantor UPT Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta berdiri tahun 1980 dengan :

  • Luas Tanah : 2000 meter persegi.
  • Luas Bangunan : 900 meter persegi yang terdiri dari 3 lantai.

Lantai 1 sebagai Sekretariat Administrasi, Lantai 2 sebagai sarana laboratorium beserta staf. Lantai 3 sebagai tempat petugas investigasi.

Alamat

Kantor UPT Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta terdapat di Jalan Raya Ciracas No.113 Kode Pos 13740, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, sebelah barat berhadapan dengan Jl. Raya Ciracas, sebelah timur dan utara bersebelahan dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Damkar DKI Jakarta dan sebelah selatan bersebelahan dengan permukiman penduduk. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.