Liburan Akhir Tahun di Jakarta


Halo Jakartans! Setiap tahun Jakarta menggelar beragam pertunjukan. Bukan hanya pergelaran musik yang menarik perhatian warga, pertunjukan lainnya juga tak kecil peminatnya. Dan suguhan liburan yang beragam itu tak pernah sepi pengunjung.

Di penghujung tahun 2018 ini, Anda bisa memilih tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi waktu luang saat liburan tahun baru. Berikut ragam beberapa kegiatan yang biasa diselenggarakan di sekitar Jakarta saat menjelang pergantian tahun.

Anda peminat barang-barang lifestyle ? sempatkan waktu mengunjungi BIG BANG Jakarta 2018 yang berlangsung dari 21 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bagi Anda yang berencana menyemarakkan malam pergantian tahun, datang saja ke Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan MH Thamrin mulai pukul 17.50 WIB. Seperti tahun sebelumnya, di kitaran jalan yang dikepung gedung-gedung jangkung ini digelar sejumlah panggung hiburan. Dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Monumen Nasional, berbagai macam pertunjukan akan membuat malam pergantian tahun Anda semakin seru.

Monas biasanya menjadi pusat tujuan warga Jakarta dalam merayakan malam pergantian tahun baru

Monas biasanya menjadi pusat tujuan warga Jakarta dalam merayakan malam pergantian tahun baru (via idntimes.com)

Bagi yang tak suka hiburan hingar bingar. Liburan tahun baru bisa Anda nikmati bersama keluarga dengan mengunjungi beberapa tempat rekreasi yang ada di ibu kota ini. Liburan tahun baru bersama keluarga juga bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII). Kekayaan budaya nusantara dengan ragam seninya bisa menambah wawasan bagi keluarga Anda.

Jika Anda ingin menikmati liburan sambil mengetahui bagaimana Jakarta tempo dulu, maka liburan akhir tahun Anda dan keluarga bisa dihabiskan di kawasan Kota Tua. Ketangguhan Indonesia sebagai negara maritim bisa Anda saksikan di pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta Utara.

Jika melihat hewan akan membuat anak-anak Anda tertawa bahagia, ajaklah anak Anda melihat gerak gerik hewan di Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan. Rindangnya pepohonan dan suara satwa akan mengisi liburan tahun baru bersama keluarga semakin berkesan.

Ajak anak Anda bermain di dalam kapal Pinisi, di sini anak-anak bisa bermain sambil belajar. Kapal Pinisi ini terletak di dalam pusat perbelanjaan Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Di tempat ini Anda bisa bermain sambil menyalurkan hobi belanja. Pasaraya merupakan pusat belanja yang peduli dengan produksi dalam negeri yang berkualitas. Khususnya produk kerajinan tanah air. Pasaraya, juga kerap menjadi tujuan wisatawan mancanegara yang mencari barang-barang khas tanah air.

Siapa tak kenal Ancol? Jika Anda termasuk golongan orang-orang yang baru mendengar Taman Impian Jaya Ancol, maka liburan akhir tahun ini sempatkan mengunjungi tempat rekreasi paling kesohor di Jakarta. Taman rekreasi ini menyediakan berbagai fasilitas mulai dari olah raga air dan pantai, wahana seru, kolam renang, hingga Eco-Park dan pertunjukan spektakuler bertabur bintang kaliber internasional. Terletak di Jakarta Utara berhadapan dengan Laut Jawa. Taman Impian Jaya Ancol merupakan kawasan resor tepi pantai yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektar.

Kawasan Pantai Ancol juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati pesta kembang api di malam tahun baru

Kawasan Pantai Ancol juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati pesta kembang api di malam tahun baru (via toptier.id)

Di Ancol juga terdapat Dunia Fantasi (Dufan) yang menawarkan 27 wahana mengasyikkan, antara lain roller coaster raksasa, air terjun Niagara, Tornado, dan juga Istana Boneka. Selain itu, Ancol juga dikenal dengan Atlantis Water Adventure yang menyediakan delapan kolam renang berukuran besar yang dilengkapi dengan efek ombak dan wahana seluncur.

Ada pula Pasar Seni, Eco-Park, Ocean Park, serta tiga buah hotel berbintang dimana Anda bisa menikmati liburan akhir tahun dalam kenyamanan bungalow di tepi pantai yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Selain itu saat pergantian tahun, Ancol juga tak pernah absen memberikan hiburan bagi warga Jakarta. Beragam acara menarik digelar seperti konser musik artis-artis terkenal, baik lokal maupun internasional dan tentunya pesta kembang api.

Transportasi Mudah

Bagi Anda yang ingin melancong di Jakarta pada liburan akhir tahun disarankan untuk menggunakan sarana transportasi umum TransJakarta. Semua tujuan rekreasi di Jakarta dilalui oleh bus kebanggaan warga Jakarta ini. Bagi warga di Jakarta Timur, perjalanan TransJakarta bisa dimulai dari halte Pinang Ranti, Jakarta Timur. Tak jauh dari halte Pinang Ranti terletak Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII). TransJakarta dari Pinang Ranti ini bisa membawa Anda ke berbagai tujuan rekreasi yang ada di Jakarta Selatan, Pusat, Barat hingga Ancol di Jakarta Utara.

Warga Jakarta Selatan yang ingin melancong ke Kota Tua, jika menggunakan TransJakarta bisa dari Lebak Bulus maupun terminal Blok M. Dari sini, Anda bisa langsung menuju Kota Tua.

Kota Tua di malam hari juga selalu ramai oleh pengunjung

Kota Tua di malam hari juga selalu ramai oleh pengunjung (via liputan6.com)

Jika Anda warga Jakarta Barat yang ingin menikmati keindahan Taman Marga Satwa Ragunan, Anda bisa naik TransJakarta dan transit menggunakan TransJakarta yang menuju Ragunan. TransJakarta menuju Ragunan ini, misalnya berada di Dukuh Atas.

Sedangkan warga Jakarta Utara jika ingin melihat-lihat jantungnya kota Jakarta yaitu Monumen Nasional (Monas), bisa menggunakan TransJakarta yang transit di Harmoni. Dari halte Harmoni, Anda sudah dekat dengan Monas yang merupakan ikon kota Jakarta. Selamat liburan. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.