Melihat Tingkah Nyata Maskot Asian Games dari Ragunan


Taman Margasatwa Ragunan

Halo Jakartans! Tingkah polah Atung, si Rusa Bawean maskot Asian Games 2018 dalam beberapa video animasi selalu tampak lucu. Terkadang malah sedikit konyol, namun tetap menggemaskan. Tapi seperti apa sebenarnya rupa asli Atung? Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bawean. Datang saja ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan.

Di Taman Margasatwa Ragunan, Rusa Bawean termasuk penghuni lama. Dia menjadi salah satu dari banyak koleksi satwa yang dimiliki dan dirawat di taman margasatwa yang bisa diakses dengan menggunakan TransJakarta ini. Tentu si Rusa Bawean ini tidak sendirian di TMR. Ada beberapa jenis rusa lain seperti Rusa Sambar, Rusa Timor, dan Rusa Tutul yang juga merupakan koleksi kebun binatang ini.

Tak sulit menemukan si Atung di taman margasatwa yang sudah didirikan sejak 1864 ini. Papan petunjuk koleksi-koleksi satwa TMR akan membantu mengarahkan pengunjung menemukan keberadaan Rusa Bawean ini. Poster-poster besar juga bisa membantu keberadaan Atung.

Kawanan Rusa Bawean di Taman Margasatwa Ragunan

Kawanan Rusa Bawean di Taman Margasatwa Ragunan (via ragunanzoo.go.id)

Jika Anda masuk dari pintu gerbang utama TMR yang ada di sisi Utara, Anda bisa mengambil beberapa meter ke sisi kiri dari arah datang Anda, kemudian berbelok ke kanan di taman burung Pelikan. Tidak jauh dari sini (Taman Pelikan, red), maka Anda akan menemukan si Rusa Bawean ini dalam sebuah kandang bersama dengan Rusa Tutul. Lokasinya tepat berada di samping Taman Satwa Anak atau Children Zoo.

Sayangnya, di area kandang ini, Rusa Bawean yang ditampilkan tidak terlalu banyak. Hanya ada beberapa. Untuk memisahkan antara Rusa Bawean dan Rusa Tutul, TMR memberikan sekat jaring-jaring besi di antara kedua spesies rusa ini. Jadi tidak akan tertukar. Oh iya, jangan pernah memberi makan rusa-rusa ini!

Di TMR, Rusa Bawean tidak hanya ditempatkan di satu tempat atau area saja. Untuk menemukan kawanan rusa-rusa Bawean lain dalam jumlah yang banyak, pengunjung bisa mengalir mengikuti jalan-jalan di TMR ke sisi Barat. Setelah melalui area hutan bambu, tepat di samping babi hutan, Anda akan menemukan kawanan Rusa Bawean dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Lokasinya tidak jauh dari gedung pemeliharaan satwa. Aturan main di sini tetap berlaku sama, yakni tidak boleh memberi makan satwa yang ada.

Rusa Bawean menjadi salah satu maskot Asian Games 2018

Rusa Bawean menjadi salah satu maskot Asian Games 2018 (via ragunanzoo.go.id)

Mengalir dari sisi Barat TMR ke sisi Timur adalah area rusa-rusa yang sesungguhnya. Poster Rusa Bawean juga banyak dipasang di sini sehingga akan membantu pengunjung mengenali mana Rusa Bawean itu. Meskipun menjadi “penduduk lama” TMR, namun keberadaan Rusa Bawean sendiri baru disadari dan populer setelah Rusa Bawean menjadi sosok Atung dalam tiga serangkai maskot Asian Games 2018. Sosok Atung digambarkan sebagai Rusa Bawean dengan kain sarung bermotif batik tumpal khas DKI Jakarta. Atung sendiri melambangkan sebuah kecepatan.

Memiliki nama latin Axis Kuhlii, di antara jenis rusa yang ada di Indonesia lainnya, rusa Bawean termasuk unik. Ia masuk dalam kategori hewan nokturnal yang aktif mencari makan di malam hari. Jadi saat Anda berkunjung siang hari, umumnya mereka sedang bermalas-malasan saja. Beristirahat.

Rusa Bawean juga memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari jenis rusa-rusa lainnya. Rusa Bawean jantan umumnya memiliki tinggi antara 60-70 cm dengan panjang ekor sekitar 20-an cm. Bobotnya antara 50-60 kg. Rusa Bawean jantan memiliki tanduk bercabang tiga yang dapat tumbuh memanjang hingga 25 cm.

Maskot Asian Games 2018 Atung, si Rusa Bawean

Maskot Asian Games 2018 Atung, si Rusa Bawean (via asiangames2018.id)

Di habitat aslinya, yakni Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, keberadaan rusa ini sudah sangat langka. Bahkan jenis rusa endemik yang hanya ada di Indonesia ini masuk dalam kategori ‘appendix I‘ oleh CITES yakni masuk kategori satwa langka. Saat Asian Games 2018, rusa Bawean juga diajak meramaikan ajang olah raga tersebut. Sebagai maskot Asian Games, Rusa Bawean ini sengaja ditempatkan di kandang yang lebih mudah di akses oleh para pengunjung. Obor api Asian Games 2018 juga telah melintasi kandang si Rusa ini. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.