Mengenal Jakarta Smart City Hive

Sebarkan artikel ini :

Wadah Kolaboratif Kreator Industri Kreatif

Halo Jakartans! Warga Jakarta kini tak perlu repot lagi mencari ruang kerja. Silahkan datang langsung ke co-working space (ruang kerja bersama) Jakarta Smart City Hive (JSC Hive), hasil kolaborasi antara Unit Pengelola Jakarta Smart City (JSC) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan EV Hive.

JSC Hive dirancang untuk memenuhi kebutuhan ruang kerja bersama bagi warga Jakarta. Letaknya ada di pusat kota. Ditujukan untuk pekerja lepas maupun startup (perusahaan rintisan). Ada banyak sekali fasilitas dan kemudahan di dalamnya termasuk ruang kerja yang super nyaman.

Ide ruang kerja bersama ini sudah muncul sejak tahun 2016 silam dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Ia menganggap co-working space sangat penting bagi generasi muda untuk saling bertukar pikiran. Harapannya ke depan agar Jakarta dapat bergeser industrinya lebih ke industri kreatif, bukan industri berat. Industri berat akan lebih banyak mendominasi wilayah Jawa Barat.

JSC Hive dirancang untuk memenuhi kebutuhan ruang kerja bersama bagi pekerja lepas maupun startup, dengan berbagai fasilitas dan kemudahan

JSC Hive dirancang untuk memenuhi kebutuhan ruang kerja bersama bagi pekerja lepas maupun startup, dengan berbagai fasilitas dan kemudahan (via sindonews.com)

JSC Hive berdiri di bekas gedung Pusat Oleh-oleh dan Kerajinan Jakarta milik Pemprov DKI Jakarta di kawasan Karet, Kuningan. Sayangnya, gedung tersebut tidak terurus dengan baik. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta lantas menyulapnya menjadi sebuah co-working space yang sangat nyaman.

Partisipasi penuh diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta, baik itu dari segi perizinan. Kemudahan pemberian izin ini merupakan bagian dari pembangunan entrepreneurship. Jadi siapapun yang punya gagasan bisa datang langsung ke tempat ini, karena JSC Hive fungsinya sebagai tempat berkolaborasi dan saling bertukar pikiran. Bahkan, JSC Hive juga menggelar berbagai pelatihan (workshop) secara gratis bagi warga Jakarta yang bergerak di dunia startup. Termasuk mengundang beberapa perusahaan startup untuk saling berbagi. Jadi, JSC Hive menjadi sebuah showcase.

JSC Hive memiliki banyak fasilitas, termasuk ruang kerja dan meeting

JSC Hive memiliki banyak fasilitas, termasuk ruang kerja dan meeting (via coworker.com)

Pihak EV Hive mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelatihan kepada masyarakat luas, terutama startup agar JSC Hive dapat digunakan untuk menelurkan ide-ide baru untuk kemajuan startup baru di Indonesia. Ini karena dunia startup di Indonesia sudah sangat dinamis. Indonesia jangan kalah dengan Singapura atau negara-negara lain yang sudah maju dalam startup.

Rumah bagi Startup

JSC Hive diharapkan tidak hanya bisa membentuk pengusaha muda yang tangguh dan kreatif, namun juga menjadi rumah bagi startup. Inilah langkah konkrit bagi pemerintah untuk mendukung industri kreatif di Jakarta. Startup seperti Go-jek, Traveloka, Blibli, dan OLX itu luar biasa. Saat sekarang ini, semakin banyak startup yang lahir dari hasil karya anak bangsa.

Suasana nyaman agar para anggota bisa saling berkomunikasi dan berkolaborasi

Suasana nyaman agar para anggota bisa saling berkomunikasi dan berkolaborasi (via loop.space)

Untuk membantu Startup, JSC Hive juga melayani pengurusan masalah legal. Akan diberikan konsultasi hukum dan perizinan secara gratis. Pihak Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta akan membantu dan memfasilitasi perizinan seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Dinas tersebut menghadirkan Antar Jemput Izin Bermobil (AJIB) dua kali sebulan di lokasi. Salah satu manfaat lainnya menjadi member dari JSC Hive adalah para anggota bisa saling berkomunikasi dengan sesama untuk berbagi pengalaman dan dipertemukan dengan investor. (Sumber : Pemerintah DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Apa saja Fungsi dan Fasilitas JSC Hive

  1. Memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antara pemerintah dan startup digital.
  2. Mendukung startup di Jakarta dengan menyediakan ruang kerja kondusif dan terjangkau.
  3. Menciptakan ekosistem teknologi yang lebih produktif dan berkelanjutan sehingga dapat memperbaiki ekonomi secara keseluruhan.
  4. Berlokasi di Jl. Dr. Satrio No.7, Kelurahan Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.
  5. Menyediakan area event, ruang meeting, kantor pribadi, dan flexi desk. Para member dapat mengakses fasilitas JSC Hive, dengan membayar biaya keanggotaan yang bervariasi.
  6. Setiap member JSC Hive dapat menikmati akses multi lokasi yang memungkinkan mereka bekerja di setiap cabang EV Hive dan akses ke EV Hive Connect, platform untuk startup yang menyediakan software management, penasihat hukum serta akes ke jaringan investor, korporat, dan startup.
  7. Di samping kolaborasi dengan pemerintah, JSC Hive juga didukung sejumlah komunitas startup lokal, seperti Komunitas Startup Jakarta (StartupJakarta.id).
  8. Member dari Komunitas Startup Jakarta memiliki akses ke serangkaian workshop, diskusi panel, kelas khusus serta jaringan ke industri eksekutif dan pemerintah.
  9. Pemerintah mengakui bahwa karya yang ditawarkan startup digital mampu memberikan solusi terhadap inefisiensi yang menghambat pertumbuhan Indonesia.
  10. JSC Hive mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekosistem startup Indonesia sekaligus mendorong perkembangan UKM.

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.