Menikmati Lembutnya Es Krim Italia di Ibukota


Toko Es Krim Ragusa Italia

Toko Es Krim Ragusa Italia (via wikimedia.org)

Halo Jakartans! Deretan rumah toko (ruko) tua di Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, menjadi salah satu pilihan tujuan kuliner di Ibukota. Tepatnya di Jl Veteran I No.10 Rt.04/Rw.02, Gambir, Jakarta Pusat, kita bisa menikmati Ragusa Es Italia sambil menempati bangunan bernuansa heritage.

Dari luar, gedung yang terlihat tua, hampir sama dengan ruko-ruko lainnya. Tak tampak kemewahan sedikitpun. Hanya terpampang nama “Ragusa Es Italia”. Namun, saat masuk ke dalam toko, suasana kemewahan tempo dulu mulai terasa. Deretan meja bundar dengan 4 kursi rotan pada masing-masing mejanya siap menunggu untuk ditempati. Sekeliling dindingnya, dihiasi beragam foto dan hiasan. Sebuah foto Ragusa bersaudara masih terpajang dengan rapi bersama bingkainya. Ada Vincenzo, Pascuale, Fransisco dan Luigi Ragusa.

Sejak 1932

Penganan berbahan dasar susu ini ternyata sudah diperjualbelikan sejak tahun 1932 di Jakarta. Sebuah foto besar di tengah-tengah toko menandakan es krim itu buka di Pasar Gambir pada tahun 1930-an. Diolah tanpa bahan pengawet. Rasanya yang klasik sangat terasa berbeda dengan es krim lainnya saat ini. Apalagi, semua es krim Ragusa ini diproduksi sendiri dengan resep turun-temurun.

Ragusa Es Italia yang menyajikan sajian pencuci mulut terletak di Jalan Veteran I, nuansa dalam toko kental akan masa tempo dulu

Ragusa Es Italia yang menyajikan sajian pencuci mulut terletak di Jalan Veteran I, nuansa dalam toko kental akan masa tempo dulu (via indonesianholic.com)

Ragusa Es Italia ini memiliki banyak varian. Harganya pun cukup terjangkau. Mulai Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Rasanya pun beragam. Mulai dari coklat, vanila, mocca, strawberry, nougat, durian, rum raisin, banana split, spaghetti, Cassata Sicilliana, dan Tutti Frutti. Jam buka es krim Ragusa dari jam 09.30 WIB sampai jam 23.00 WIB, setiap Senin sampai Minggu. Varian Tutti Frutti dan dan Cassata Sicilliana adalah varian yang cukup menarik di tempat ini. Keduanya merupakan es krim yang dibentuk segitiga menyerupai potongan cake, dengan lapisan rasa yang bervariasi. Untuk Tutti Frutti, ada rasa cokelat, strawberry, dan vanila.

Tak Ada Resep Khusus

Dari data yang dihimpun, Ragusa Es Italia itu sengaja dihibahkan pemilik aslinya, yakni Vincenzo Ragusa dan Luigi Ragusa kepada salah satu pekerjanya. Toko es krim yang buka sejak jaman Belanda ini, tak kunjung laku hingga tahun 1977. Adalah Sias Mawarni dan suaminya Buntoro Kurniawan (Yo Boen Kong) yang mewarisi resep es kuno Italia tersebut.

Menurut Sias, bisnis es krim itu dimulai saat ayahnya bertemu dengan dua warga Italia yang ingin belajar menjahit. Setelah lulus, kedua warga Italia itu pun ke Bandung untuk membuat toko menjahit. Namun, keduanya tak jadi membuat toko menjahit. Mereka malah membuat kedai es krim setelah melihat peternakan sapi di Lembang, Bandung. Es krim itu dibuat dari susu sapi dengan kedai pertama di jalan Naripan, Bandung.

Varian dari es krim Ragusa Italia

Varian dari es krim Ragusa Italia (via intiwhiz.com)

Tak lama dari itu, keduanya pun membuka kedai yang sama di dekat Monas tepatnya di Pasar Gambir. Namun, sebulan berselang, kedai itu masih kosong dari pembeli. Hingga akhirnya, membuka kedai di Jalan Veteran hingga pada tahun 1972. Karena masih tak laku juga, kedai itu pun diberikan kepada suami Siaga yang bekerja di kedai Ragusa tersebut.

Hingga kini, es krim Italia dengan rasa kuno itu masih tetap mempesona. Siaga Mawardi mengaku membuat olahan itu dari bahan-bahan berkualitas. Bahkan, dia rela mendatangkan susu sapi Australia agar rasanya lebih mengena di lidah. Hanya resep itulah yang menjaga kekunoan es Italia. Dia pun selalu mempercayakan semua bisnis es krim itu kepada pegawainya. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Cara Membuat Es Krim Vanilla Sederhana

Bahan :

  • Susu segar 1 Liter.
  • Gula pasir 200 gram.
  • Kuning telur ayam 4 butir, kocok.
  • Tepung maizena 15 gram.
  • Vanilli 1 sendok makan.

Langkah-langkah :

  1. Tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sembari terus mengaduk-aduk.
  2. Ambil 1 sendok makan susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk sampai larut.
  3. Setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata.
  4. Kemudian tambahkan vanilli, aduk hingga rata.
  5. Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.
  6. Setelah susu tersaring sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata.
  7. Masukkan kuning telur secara perlahan.
  8. Diamkan selama 10 menit.
  9. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer.
  10. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya.
  11. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
  12. Terakhir, masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.
Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.