Menilik Terowongan Bercabang Pertama di Indonesia


Halo Jakartans! Membentang dari Jalan Matraman Dalam ke Jalan Matraman Raya dan Jalan Pramuka, terowongan yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini mengundang decak kagum. Inilah terowongan bercabang pertama di tanah air.

Terowongan atau underpass ini dibangun untuk mengurangi persimpangan sebidang antara jalan Matraman Raya dan jalan Pramuka. Serta ditujukan juga untuk mendukung Busway Koridor IV (Pulogadung – Dukuh Atas) dan Koridor V (Kampung Melayu – Ancol).

Proyek yang dibangun sejak awal 2017 lalu, telah bisa dinikmati pengguna jalan sejak April 2018. Rumitnya utilitas bawah tanah di persimpangan Matraman membuat pengerjaan agak terkendala. Namun, proyek senilai Rp 118 miliar ini tuntas dikerjakan dengan indah.

Terowongan bercabang underpass Matraman merupakan ikon infrastruktur Jakarta terbaru

Terowongan bercabang underpass Matraman merupakan ikon infrastruktur Jakarta terbaru (via mediaindonesia.com)

 

Terowongan bercabang Matraman yang dilengkapi dengan rambu lalu-lintas

Terowongan bercabang Matraman yang dilengkapi dengan rambu lalu-lintas (via bisnis.com)

Terowongan ini terdiri dari dua lajur dengan satu arah lalu lintas. Karena, terowongan ini hanya akan melayani arus lalu lintas dari arah barat menuju ke timur dan selatan. Lajur kiri akan mengarahkan pengendara dari Jalan Proklamasi ke Pramuka / Rawamangun, sementara lajur kanan akan mengarahkan pengendara dari Jalan Proklamasi ke Jatinegara / Kampung Melayu. Tepat di tengah-tengah terowongan, ada jalan bercabang sesuai tujuan tadi.

Dengan panjang mencapai 700 meter dan lebar jalan 7 meter, terowongan Matraman bakal menjadi sejarah infrastruktur di Ibukota. Dinas Bina Marga DKI Jakarta, membuat dinding penahan tanah dengan secant pile dan sistem drainase untuk dilengkapi dengan pompa di dalam terowongan. Terowongan bercabang ini dikerjakan tepat di bawah jalan layang atau flyover Pramuka untuk menghilangkan sumbatan pada simpang Matraman.

Motif Betawi dan Lampu Warna Warni

Yang tak kalah menarik, di setiap kanan-kiri dinding terowongan, terdapat hiasan bermotif bunga melati yang merupakan ciri khas kearifan lokal budaya Betawi. Tak hanya itu, Dinas Bina Marga pun memberikan beton pre cast untuk penutup terowongan. Beragam tanaman hias pun ditanam pada sisi atas terowongan. Setiap sisi atas terowongan ini, diberikan motif gigi balang yang juga merupakan ciri khas budaya Betawi.

Upaya mempercantik juga dilakukan di bagian dalam terowongan. Sejumlah lampu sorot disiapkan untuk menerangi pengendara saat melintasi terowongan ini. Beberapa diantaranya ditembakkan juga lampu warna warni ke arah dinding yang menghidupkan terowongan agar semakin menarik. Bahkan, tepat di muka pertigaan ada petunjuk arah dengan running text berwarna hijau.

Dinding terowongan underpass Matraman yang dipenuhi dengan motif bunga melati

Dinding terowongan underpass Matraman yang dipenuhi dengan motif bunga melati (via rumah123.com)

Beberapa rambu lalu lintas pun ditempatkan baik sebelum masuk terowongan, di mulut terowongan hingga di percabangan dalam terowongan. Selain rambu penunjuk arah, juga disediakan cermin cembung lalu lintas untuk keselamatan di dalam terowongan. Saat melintasi terowongan ini, setiap pengendara tidak boleh melaju hingga lebih dari 40 kilometer per jam.

Pada tahap awal ujicoba lalu lintas, keberadaan terowongan Matraman sempat menimbulkan kemacetan parah. Namun, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus melakukan rekayasa lalu lintas terbaik agar kemacetan di kawasan ini cepat terurai, Kini, terowongan Matraman menunjukkan fungsinya dengan baik.

Urai Kemacetan

Pemprov DKI Jakarta meminta seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun ini. Keberadaan underpass Matraman bakal menambah rasio jalan sehingga bisa meningkatkan percepatan arus lalu lintas di Ibukota.

Terkait adanya perilaku vandalisme di dinding terowongan, pihak Pemprov DKI telah menggunakan kamera pengawas atau CCTV di kawasan itu. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.