Museum Lukis Basoeki Abdullah


Halo Jakartans! Indonesia memiliki maestro lukis ternama hingga ke mancanegara. Sesaat sebelum meninggal, ia berwasiat untuk menjadikan rumahnya sebagai tempat untuk memajang hasil karya-karyanya. Jadilah kemudian sebuah museum yang diberi nama Museum Basoeki Abdullah.

Letaknya memang tersembunyi, daerah Fatmawati, bukan di tengah kota. Tepatnya di Jl. Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Disitulah ada satu tempat yang cukup ramai dan banyak dikunjungi para pelancong, yaitu Museum Basoeki Abdullah. Tahukah Anda siapa Basoeki Abdullah? Ia merupakan seniman yang terkenal di seluruh antero negeri ini. Dia seorang pelukis yang piawai kelahiran Surakarta.

Kediaman Basoeki Abdullah dan penambahan gedung baru disebelahnya sebagai Museum Basoeki Abdullah

Kediaman Basoeki Abdullah dan penambahan gedung baru disebelahnya sebagai Museum Basoeki Abdullah (via sportourism.id)

Karya-karyanya membuat bangsa lain angkat topi kepada sosok yang lahir pada tahun 25 Januari 1915 ini. Beberapa tokoh luar negeri pun sempat dilukis hingga mereka puas akan karyanya. Kehebatan dia yang tersohor itulah, menjadikannya dipercaya sebagai pelukis di Istana Negara.

Bakat melukis Basoeki Abdullah terwarisi dari ayahnya Abdullah Suryosubroto. Seorang pelukis dan juga sempat mencatatkan namanya dalam sejarah seni lukis Indonesia sebagai salah satu tokoh Mooi indie. Sejak umur 4 tahun Basoeki Abdullah mulai senang menggambar orang, di antaranya adalah beberapa tokoh terkenal seperti Yesus Kristus, Mahatma Gandhi, Rabindranath Tagore, dam Khrisnamurti. Pada usia 10 tahun, Basoeki Abdullah telah melukis tokoh Mahatma Gandhi dengan menggunakan pensil di atas kertas yang hasilnya luar biasa untuk ukuran anak seusia itu.

Sosok seniman maestro Basuki Abdullah

Sosok seniman maestro Basuki Abdullah (via panduanwisata.id)

Beberapa karyanya di antaranya, lukisan Nyi Roro Kidul, Bung Karno, Bung Hatta, Soeharto, Tien Soeharto, Pangeran Diponegoro, Jaka Tarub, dan masih banyak lagi karya-karyanya yang lain.

Perluasan Museum

Pada bulan September tahun 2015 silam, berlokasi di Museum Nasional indonesia diperingati 100 tahun Basoeki Abdullah. Tepatnya pada 21 – 30 September 2015. Dalam kegiatan tersebut, pengunjung dan masyarakat disuguhkan untuk melihat karya-karya Basoeki Abdullah secara utuh dan bisa dihubungkan dengan hal yang kekinian melalui karya-karyanya. Dalam pameran kala itu juga diikutsertakan 11 orang untuk membuat sebuah karya yang bisa menggambarkan sosok Basoeki Abdullah menurut sudut pandang mereka. Tidak hanya seniman, tapi dari berbagai latar belakang.

Setelah perluasan museum, kini fasilitas Museum Basoeki Abdullah terbilang cukup lengkap

Setelah perluasan museum, kini fasilitas Museum Basoeki Abdullah terbilang cukup lengkap (via museumbasoekiabdullah.or.id)

Meski Basoeki Abdullah adalah sosok seorang seniman dalam bidang seni lukis. Namun, pada pameran 100 tahun tersebut tidak hanya lukisan yang dipamerkan. Melainkan juga ada dalam bentuk patung dan instalasi. Diharapkan masyarakat akan tetap dan semakin mengenal sosok dari Basoeki Abdullah sebagai seorang seniman maestro Indonesia.

Dalam periode 2014 hingga 2016, Museum Basoeki Abdullah telah berbenah dengan memperluas museum hingga empat lantai. Selain ruang pamer bertambah, kini museum juga mempunyai auditorium sebagai tempat kegiatan diskusi. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.