Panduan Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta


Kereta bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh PT Rail Link

Kereta bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh PT Rail Link (via mediaindonesia.com)

Halo Jakartans! Kereta api bandara yang baru diresmikan telah menarik minat banyak pengguna, meskipun mungkin banyak di antara Anda yang tidak sepenuhnya mengetahui tentang rute, stasiun keberangkatan dan banyak lagi.

Jika Anda akan mencoba kereta bandara, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai perjalanan :

Periksa stasiun keberangkatan Anda

Kereta menuju bandara Soekarno-Hatta melewati stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper dan Soekarno-Hatta. Untuk saat ini, kereta tidak berangkat dari stasiun Manggarai dan Duri karena proses konstruksi masih berlangsung. Penumpang dapat berangkat dari stasiun Sudirman Baru dan Batu Ceper ke bandara.

Perhatikan jam sibuk

PT Railink selaku operator Kereta Bandara telah menyiapkan 10 kereta untuk mengangkut 33.000 penumpang per hari (dengan kapasitas penuh). Setiap kereta memiliki kapasitas 272 penumpang. Kereta pertama berangkat dari stasiun Sudirman Baru pada pukul 03:21 WIB dan kereta terakhir berangkat pukul 22:51 WIB. Dari bandara, kereta pertama berangkat pukul 04:40 WIB dan yang terakhir berangkat pukul 00:40 WIB.

Kereta bandara memiliki total 80 perjalanan setiap hari dengan waktu penjemputan pada interval 15 menit dan 30 menit pada jam sibuk. Anda dapat memeriksa jadwal keberangkatan di https://reservation.railink.co.id atau ikuti @RailinkARS di Twitter.

Perkirakan waktu keberangkatan Anda

Waktu perjalanan rata-rata dari stasiun Sudirman Baru ke bandara adalah 54 menit, oleh karena itu harap pertimbangkan ini dan ingat, rekomendasi terbaik adalah Anda sebaiknya sudah tiba di Bandara 3 jam sebelum keberangkatan pesawat sehingga Anda tidak akan ketinggalan pesawat.

Cara membeli tiket

Ada dua cara untuk membeli tiket kereta bandara : membelinya di mesin tiket di stasiun atau melalui aplikasi. Jika Anda memutuskan untuk membeli tiket di stasiun, Anda wajib menggunakan kartu debit atau kartu kredit karena semua transaksi tidak menggunakan uang tunai.

Pertama, Anda akan diminta untuk memasukkan rencana perjalanan Anda dan jumlah tiket yang diperlukan, bersama dengan data pribadi seperti nama Anda, nomor ponsel, dan alamat email. Untuk pembelian yang dilakukan melalui mesin tiket, hanya nomor ponsel Anda yang diperlukan. Total waktu transaksi adalah satu hingga dua menit.

Yang kedua, Anda menginstal aplikasi Railink melalui Google Play Store atau Apple App Store. Tiket juga dapat dibeli melalui https://reservasi.railink.co.id dan pembayaran dapat dilakukan menggunakan internet banking atau Doku Wallet.

Harga tiket kereta bandara adalah Rp 70.000 per perjalanan. Tiket tidak dapat dibeli dalam waktu 20 menit sebelum keberangkatan atau jika kereta penuh. Gerbang akan dibuka 20 menit sebelum kereta tiba dan penumpang dapat naik kereta selama pintunya masih terbuka.

Bagaimana menuju ke stasiun

Untuk sampai ke stasiun Sudirman Baru, Anda dapat naik TransJakarta dan KRL Commuter Line. Untuk pengguna Transjakarta, dua rute bisa Anda gunakan. Rute pertama adalah Sudirman Baru – Gambir (koridor 1) melewati Hotel Indonesia – Sarinah – Bank Indonesia – Patung kuda – Stasiun Gambir – Monas dan kembali ke Bank Indonesia – Sarinah – Hotel Indonesia dan keluar di jalan Blora menuju stasiun Sudirman Baru.

Rute lain adalah Sudirman Baru – Menteng (koridor 9), dari Sudirman Baru – Hotel Indonesia – Tosari – Dukuh Atas – Karet – Semanggi, masuk koridor 9 rute Kuningan – Menteng – Hotel Indonesia lalu masuk ke jalan Blora menuju stasiun Sudirman Baru.

Mereka yang menggunakan KRL Commuter Line dapat turun di stasiun Sudirman, keluar dari stasiun dan menggunakan pintu keluar di peron yang mengarah ke Tanah Abang atau yang di lantai bawah menghadap ke jalan Blora. Kemudian terus berjalan melalui terowongan sepanjang 20 meter.

Apa yang harus dilakukan begitu Anda tiba di bandara

Bandara Soekarno-Hatta juga terhubung dengan APMS / Sky train. Setelah Anda tiba di bandara, Anda dapat berpindah antar terminal menggunakan Sky Train yang beroperasi 20 jam sehari mulai dari pukul 04.27 WIB hingga 00.17 WIB. Semoga membantu!

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.