Pasar Seni Ancol, Tempat Kencan yang Asik         


Gapura sebagai akses memasuki kawasan Pasar Seni

Gapura sebagai akses memasuki kawasan Pasar Seni (via wartawisata.id)

Hai Jakartans! Kemanakah biasanya kamu biasa hang out atau dating? Pasti ke tempat makan atau pusat perbelanjaan. Ya, gak aneh lagi kalau sering pergi ke bioskop. Tapi, kali ini kamu bisa mencoba untuk nge-date di tempat yang asik, gak terlalu ramai dan cocok banget buat kamu yang udah bosen dengan hiruk pikuk Jakarta.

Siapa yang belum pernah ke Ancol? Oh, pasti kalau kesana tujuannya ke Dufan ya? Kali ini coba deh bagi kamu yang lagi bosen dengan keramaian. Ada suatu tempat yang cocok untuk kamu kunjungi di dalam area Ancol. Memang jarang sekali orang me-notice nya, yaitu Pasar Seni. Area kawasan Pasar Seni ini sering dijadikan tempat penyelenggaraan acara event. Berikut ini tips buat kamu yang menyukai seni dan ingin menikmatinya secara gratis.

Tips No 1 adalah, Pergilah ke Pasar Seni.

Pasar Seni Ancol pada sore hari biasanya tidak terlalu ramai dengan kedatangan pengunjung, baik itu di weekend atau pun weekdays. Kenapa? Karena pasti jarang adanya sebuah acara event. Tapi, walau begitu, Pasar Seni Ancol tetaplah suatu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Letak Pasar Seni ada didalam kawasan Ancol. Jadi, memang kamu harus membayar biaya untuk masuk ke dalam Ancol terlebih dahulu. Sampai di Pasar Seni mungkin seperti tidak ada apa-apa. Biasa saja. Sepi, banyak pepohonan dan rumah-rumah kecil berjejeran seperti desa kecil. Nah, mulailah untuk berjalan memasuki area Pasar Seni. Pintu masukinya memang menarik. Ada banyak sekali payung disusun diatas nya. Seperti tempat foto anak-anak di Instagram. Kurang lebih seperti ini.

Deretan payung warna-warni yang cantik siap menyambut saat akan memasuki Pasar Seni Ancol

Deretan payung warna-warni yang cantik siap menyambut saat akan memasuki Pasar Seni Ancol (Foto oleh Yani)

Tips No 2. Menikmati seni yang ada.

Sungguh menakjubkan mulai dari seni yang berbentuk 2D hingga 3D disini ada semua. Ada lukisan dari ukuran kecil hingga besar. Berbagai macam lukisan, dari yang abstrak, tumbuhan, hewan. Ada pula lukisan yang ketika jauh terlihat seperti sebuah wajah namun ketika didekati dengan jarak sekitar 10 cm saja akan menunjukkan sebuah kegiatan di pedesaan. Ada juga lukisan yang menunjukkan betapa banyaknya hewan laut mati karena sampah-sampah yang kita buang. Juga Lukisan wajah para petinggi negara. Akan tetapi, tidak semua sempat diabadikan dalam kamera.

Disini, ada beberapa tempat yang memang khusus memamerkan lukisan. Jadi, setiap kios akan membawa karakteristiknya sendiri dalam seni. Topeng-topeng yang dipajang juga merupakan hasil para pengrajin seni yang memang memiliki warungnya sendiri disini. Ada yang membuat patung dari kayu, dari koran, ada yang memahatnya secara langsung ditempat. Kebanyakan kios-kios yang berjejer disana terbuat dari triplek atau kayu. Ada salah satu kios yang memang terbuat dari kaca bening dan pemiliknya melukis abstrak kaca tersebut.

Deretan kios kerajinan seni di Pasar Seni Ancol

Deretan kios kerajinan seni di Pasar Seni Ancol (via djangkarubumi.com)

Tips No 3. Cari partner yang sama-sama menyukai seni.

Supaya saat kamu mengemukakan pendapat atau mengomentari sebuah karya seni, partner kamu akan ikut untuk melanjutkan percakapan. Pada hari-hari tertentu ada sebuah pagelaran kampung budaya. Bersama partner tentunya lebih akan menyenangkan suasana. Disini kamu bersama pasangan juga bisa mencoba kuliner makanan khas daerah dan mencari hal-hal unik tentang kebudayaan. Suatu kencan yang asik bukan?

Tips No 4. Menggali hobi.

Selain bersama partner, kamu juga bisa menjalankan passion kamu di Pasar Seni. Teruntuk kamu yang memang menyukai dunia fotografi, sudah banyak loh yang melakukan photoshoot disini. Jadi, sekaligus melampiaskan hobimu, kamu sembari bisa jalan-jalan.

Banyak spot-spot menarik di Pasar Seni yang layak dijadikan ajang berfoto ria

Banyak spot-spot menarik di Pasar Seni yang layak dijadikan ajang berfoto ria (via travelbos.id)

Tips No 5. Mampir ke pinggir pantai Ancol.

Nah, setelah puas berkeliling Pasar Seni. Kamu bisa mampir ke pinggir pantai untuk menikmati sore. Asik sekali bukan? Kamu bisa fresh sebentar dengan suasana pantai yang teduh. Yang terpenting adalah gratis dan tidak memakan waktu dikarenakan masih berada dalam kawasan Ancol. Kamu juga bisa bersantai dengan menikmati jajanan cemilan di kios-kios sepanjang pantai.

Coba sekali-kali menikmati senja di Pantai Ancol, Jakartans!

Coba sekali-kali menikmati senja di Pantai Ancol, Jakartans! (via nasikhudinisme.com)

Biasanya, ada pagelaran tari atau pertunjukan band-band musik lokal yang manggung di Pasar Seni. Nah, kamu bisa cek jadwal event-nya di sosial media Pasar Seni, kamu bisa mengikuti di Instagram resminya : @pasarseni_ancol.

Buat kamu yang lebih suka kesana ketika ada acara, carilah jadwal yang pas, jangan lupa ajak teman! Biasanya, hadir artis-artis lokal seperti Darmansyah, Bonita, Anwar Fauzi, Seroja Band dan masih banyak yang lainnya, tergantung konsep acara yang diselenggarakan. Tidak hanya komunitas-komunitas seni yang sudah berlangganan tampil disana. Bahkan dari teman-teman penggemar Jazz sampai dangdut pun sering ada. Jadi, sesuai seleramu saja. Selamat mencoba!

Bagikan :
Avatar

Riska Rahma Dea

Hai! Im a college student in English major, I'd like to write and You can read my blog riskarahde.blogspot.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.