PD Pasar Jaya Aplikasikan One Stop Shopping



Gebrakan Baru dari Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta

Halo Jakartans! Berbagai program dan terobosan dilakukan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya seperti pengembangan di bidang teknologi. Kini, PD Pasar Jaya telah memiliki sebuah aplikasi “Oyes Pasar Jaya” yang memudahkan pedagang dalam membeli berbagai kebutuhan. Ini merupakan cara mereka dalam menjaga ketahanan pangan.

Menurut PD Pasar Jaya, aplikasi yang dapat digunakan untuk ponsel pintar berbasis Android ini memudahkan pedagang untuk membeli secara online. Barang yang dipesan oleh pedagang akan dikirim ke tujuan dari JakGrosir atau Mini DC terdekat. Aplikasi yang diluncurkan pada Desember 2017 lalu tersebut merupakan bentuk fasilitas distribusi yang diberikan kepada para pedagang di bawah naungan PD Pasar Jaya, untuk pembayaran barang dagangan yang telah dibeli dapat dilakukan dengan proses transfer.

Aplikasi Oyes persembahan PD Pasar Jaya sangat berguna bagi para pedagang

Aplikasi Oyes persembahan PD Pasar Jaya sangat berguna bagi para pedagang (via kompas.id)

Dalam aplikasi tersebut, pedagang dapat membuat akun, mengisi rekening uang secara digital dan memesan barang. Mereka memastikan barang yang dijual dengan harga terjangkau. Untuk mempermudah pelanggan, PD Pasar Jaya juga menggandeng Persatuan Gerakan OK OCE (PGO) untuk mengembangkan Mom & Pop Store.

Pap & Mom Store yang tidak lain warung-warung kecil mirip warung rakyat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga (skala kecil). Mereka lebih banyak menjual barang dalam paket kecil. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, warung ini memiliki keunikan terhadap item (barang yang di jual). Lebih banyak barang dalam kemasan sachet dan ukuran lebih kecil. PD Pasar Jaya menargetkan akan membuka 1.000 unit Mom & Pop Store di Jakarta.

PD Pasar Jaya bertekad akan menjadi penopang dengan memberikan pendampingan sistem, pola, penataan, hingga manajemen keuangan untuk OK OCE. Barang yang di jual OK OCE ini akan disuplai dan harganya akan diatur oleh PD Pasar Jaya. Tentunya pedagang nantinya akan bisa bersaing dengan pasar modern, karena harga yang dijual dibawah harga pasaran.

Pada 2018 ini, pasar tradisional pun dikembangkan menjadi ‘One Stop Shopping‘. Nantinya, beberapa pasar di Jakarta akan berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Mereka berencana menerapkan konsep TOD di Pasar Senen dan Dukuh Atas serta di Fatmawati Stopping Point. Untuk menjadikan pasar tradisional menjadi ‘One Stop Shopping‘, Pasar Jaya akan mengintegrasikan pasar tradisional dengan rumah susun (rusun), apartemen, bahkan hotel dengan menggunakan konsep TOD.

Pembangunan JakGrosir

Selain itu, PD Pasar Jaya tengah mempersiapkan membangun pusat perkulakan atau JakGrosir di lima wilayah dan Kepulauan Seribu. Sebelumnya, mereka telah membangun JakGrosir Kramat Jati. Tahun ini, akan membangun JakGrosir di Kepulauan Seribu dan akan diresmikan secepatnya. Pembangunan satu unit JakGrosir memerlukan waktu 3-4 bulan. Pembangunan JakGrosir sudah menjadi impian sejak 2016 / 2017, tetapi hal itu belum dapat terealisasi. Sekarang telah direalisasikan di 2018 ini.

Kehadiran JakGrosir sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain menjaga ketersediaan stok barang juga kestabilan harga

Kehadiran JakGrosir sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain menjaga ketersediaan stok barang juga kestabilan harga (via twitter.com)

Keberadaan JakGrosir di Kepulauan Seribu sangat diperlukan masyarakat yang selama ini belum tersentuh secara serius dalam distribusi bahan pangan pokok. JakGrosir diharapkan mampu menjaga agar inflasi di Jakarta tetap terkendali. Selain itu, untuk membantu pedagang dalam mendapatkan barang yang berkualitas dan murah.

Data dari Pemprov DKI Jakarta, menyebut saat ini terdapat 70 persen dari 153 pasar tradisional yang dikelola oleh PD Pasar Jaya. Kemudian, sekitar 70 persen kebutuhan masyarakat dibeli dari pasar-pasar tersebut. Untuk mengatasi fluktuasi harga sembako PD Pasar Jaya ditugaskan untuk lebih kreatif. Juga memberi dukungan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk penguatan distribusi dan stabilisasi pangan. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

JakGrosir, pusat perkulakan milik Pemprov DKI Jakarta

JakGrosir, pusat perkulakan milik Pemprov DKI Jakarta (via kompas.com)

Mengenal JakGrosir

  • JakGrosir diresmikan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, 8 September 2017.
  • Berlokasi di Pasar Induk Kramat Jati.
  • Mom & Pop Store menjadi sarana distribusi oulet baru JakGrosir.
  • JakGrosir khusus melayani pegawai Pemprov DKI Jakarta, karyawan PD Pasar Jaya, dan warga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan kartu khusus pedagang kecil.
  • JakGrosir menyediakan bahan pokok : beras, daging ayam, dan daging sapi.
Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.