Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Cukup Satu Langkah


Halo Jakartans! Pengurusan perizinan secara efektif dan efisien menjadi keunggulan yang dapat dirasakan langsung oleh warga DKI Jakarta saat ini. Melalui sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), semua izin selesai dalam satu langkah saja.

Raditya (22) nampak lega. Selembar kartu kuning selesai diurus. Tak ada lagi cerita kerepotan atau harus bolak balik mengurus kartu yang sama. Semua proses bermula dan berakhir di satu pintu, PTSP Kecamatan Cempaka Putih, tempat tinggalnya.

Lain Raditya, lain lagi Subhan (56) kakek dua cucu ini, mengurus dua dokumen sekaligus. Akta lahir untuk cucu keduanya serta izin mendirikan bangunan untuk sang anak. Tak ada repot dan tak ada biaya selangit. Semua efektif dan efisien.

Raditya dan Subhan adalah dua dari banyak warga DKI Jakarta yang kini menikmati sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). “Kalau dulu masih sama di kecamatan juga, tapi rumit. Keluar masuk ruangan. Tapi sekarang semua pelayanan yang kami butuhkan cukup di PTSP ini. Sekali langkah cukup,” cerita Subhan sumringah.

Sejak dibuka pada 2015 silam, PTSP tak pernah sepi. Setiap harinya puluhan orang mengurus beragam dokumen. Baik sifatnya perizinan maupun non perizinan.

Amanat Perda

Sistem pelayanan terpadu satu pintu di DKI Jakarta sendiri lahir melalui payung hukum Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 mengenai Perizinan Terpadu Satu Pintu. Butuh waktu yang cukup lama hingga akhirnya sistem tersebut dibentuk melalui instansi khusus yakni Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada 2 Januari 2015. Dan terhitung sejak tanggal 3 Januari 2017, Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta secara resmi berubah nama menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta.

Pembentukan badan ini dimaksudkan agar semua pelayanan baik bersifat perizinan maupun non perizinan dapat berakhir di satu tempat. Proses pengurusannya pun diharapkan akan lebih cepat dan efisien serta dengan biaya yang lebih murah. Wargapun terlayani dengan baik.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta adalah solusi cerdas dalam reformasi birokrasi

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta adalah solusi cerdas dalam reformasi birokrasi (via kompas.com)

Lantas apa yang dapat diurus di badan baru ini? Sesuai amanat dalam Pergub No.57 Tahun 2014 layanan badan baru ini berfungsi untuk memberikan pelayanan menyangkut pada beragam bidang layanan. Mulai dari bidang perumahan seperti Izin Mendirikan Bangunan, pekerjaan umum, ketenagakerjaan seperti mengurus Kartu Kuning (AK1) untuk pencari kerja, bidang kependudukan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Wal hasil, warga tidak perlu repot untuk berpindah-pindah. Rantai birokrasi bisa dipangkas dan waktu pengurusan menjadi lebih efisien, PTSP sendiri tersebar di setiap kelurahan dan kecamatan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Dukungan dengan sistem online yang disediakan, semakin memudahkan warga dan koordinasi antar lembaga dan petugas.

Dari Kantor hingga ke Mall

Tak cukup menyelenggarakan layanan di tingkat kelurahan dan kecamatan. PTSP juga datang “menjemput bola” hingga ke mall-mall di Jakarta melalui program One Day Service.

Dinas DPMPTSP DKI Jakarta hadir di Plasa Indonesia dengan One Day Service-nya

Dinas DPMPTSP DKI Jakarta hadir di Plasa Indonesia dengan One Day Service-nya (via okezone.com)

Program One Day Service, memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mengurus dokumen tanpa berbatas hari. Bahkan Sabtu dan Minggu pun bisa mengurus dokumen. Program One Day Service menyerupai program layanan layanan SIM dan STNK yang telah lebih dulu dilakukan Polri untuk menjemput bola dan mendekatkan layanan pada masyarakat. Unit One Day Service juga akan bergerak dan berpindah-pindah dari mall ke mall saat akhir pekan dan pergerakannya diumumkan melalui situs resmi PTSP. (Sumber : Pemerintah DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.