PT JIExpo Kemayoran Menatap Masa Depan


Ingin Jadi Terdepan di Industri MICE

Halo Jakartans! Selain sukses menggelar pameran otomotif berskala internasional dan Jakarta Fair, PT JIExpo Kemayoran terus melebarkan sayap dan konstan membangun. Targetnya adalah menjadi perusahaan terdepan dalam industri MICE.

Nama PT JIEXPO Kemayoran di industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition) di Indonesia sudah sangat harum. Namun, perusahaan yang menempati lahan seluas 44 hektar tersebut tetap berbenah. Saat ini mereka sedang menata sejumlah kawasan untuk dibangun pusat konvensi dan teater baru.

Salah satunya pusat konvensi seluas 30 ribu meter persegi yang digadang-gadang bakal memiliki sejumlah ballroom, ruang pertemuan, serta teater lengkung proscenium tiga tingkat yang cukup besar. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2018 ini. Di area yang sama juga tersedia hotel bintang tiga Jakarta International Expo Holiday Inn Express. Jika proyek tersebut selesai, PT JIExpo Kemayoran akan menjadi pusat konvensi satu atap paling elit di tanah air.

Keramaian pengunjung JIExpo Kemayoran yang sangat antusias datang untuk meramaikan event Pekan Raya Jakarta yang hanya ada setahun sekali

Keramaian pengunjung JIExpo Kemayoran yang sangat antusias datang untuk meramaikan event Pekan Raya Jakarta yang hanya ada setahun sekali (via kompas.com)

Walau sudah menggelar banyak event internasional, pihak PT JIExpo Kemayoran boleh berbangga dengan keberadaan Festival Jakarta Fair yang berdampak pada terhadap kemajuan ekonomi Ibukota jakarta. Nantinya, festival tersebut akan ditingkatkan berkelas internasional dengan menawarkan sesuatu yang menjadi selera internasional, namun tetap mengakomodir Usaha Kecil Menengah (UKM).

Saat ini UKM memang memiliki porsi besar dalam ajang Jakarta Fair tiap tahunnya. Dalam perhelatan Jakarta Fair ke-50 misalnya, JIExpo Kemayoran memberikan porsi bagi pelaku UKM hingga 40 persen. Para pelaku UKM tersebut ditempatkan pada hall terbesar, terbaru, dan terbaik untuk kalangan UKM di lahan seluas 1,3 hektar.

Wisata belanja, kuliner, hingga arena bermain anak dapat dinikmati pada ajang Jakarta Fair

Wisata belanja, kuliner, hingga arena bermain anak dapat dinikmati pada ajang Jakarta Fair (via sinarharapan.id)

Pihak Pemprov DKI Jakarta memiliki 13,5 persen saham di PT JIExpo Kemayoran. Saat menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal dengan Ahok, sempat berencana melepas saham milik pemerintah di PT JIExpo Kemayoran karena sejak tahun 2003 tidak pernah memberikan devidennya. Hingga akhirnya pada 2013, Pemprov mendapatkan deviden senilai Rp 1,7 miliar dari keuntungan Rp 10 miliar. Menurut PT JIExpo Kemayoran, penghasilan perusahaan tidak begitu penting karena relatif kecil. Namun, pergerakan industri MICE yang telah dilakukan oleh PT JIExpo Kemayoran selama ini, di yakini bisa memberi multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi kota Jakarta secara keseluruhan.

165 Pameran dalam Setahun

Pameran otomotif berskala internasional seperti IIMS juga diselenggarakan oleh JIExpo Kemayoran

Pameran otomotif berskala internasional seperti IIMS juga diselenggarakan oleh JIExpo Kemayoran (via carmudi.co.id)

Setiap tahunnya, jumlah pameran yang dihelat PT JIExpo Kemayoran terbilang luar biasa. Mencapai 165 pameran, untuk perusahaan kecil, menengah, atau besar. Selain Jakarta Fair yang dihelat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta, JIExpo juga memberikan kebanggaan lewat event berskala internasional, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) yang tidak hanya diakui di Asia Tenggara, namun juga dunia baik dari sisi kepesertaan maupun jumlah pengunjung. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Mengenal PT Jakarta International Expo (JIExpo Kemayoran)

  1. JIExpo Kemayoran merupakan pusat konvensi dan eksibisi yang terletak di Jakarta, Indonesia.
  2. Dibuka pada 2010 dengan diprakarsai oleh Central Cipta Murdaya Group.
  3. Memiliki 5 balai dengan kapasitas 5.000 hingga 12.000 tempat duduk.
  4. Menyelenggarakan berbagai macam pameran, konser, dan event spesial lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Event yang kerap kali digelar, seperti Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair), Java Jazz Festival, Djakarta Warehouse Project, audisi Indonesian Idol musim ke tujuh, Malam Puncak Miss Indonesia, dan berbagai event lainnya.
  6. Alamat lengkap : Gedung Pusat Niaga Arena JIEXPO Kemayoran Lantai 1, Jalan Benyamin Sueb No.1, Pademangan Timur, Pademangan, RW.10, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410.
Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.