Puskesmas Hadir di Mal


Halo Jakartans! Upaya meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga terus dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan. Salah satunya dengan membuka klinik kesehatan di pusat perbelanjaan.

Klinik kesehatan yang dibuka pada Mei tahun 2014 silam, terdapat di Blok M Square di bawah Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru. Menurut informasi dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, ini merupakan salah satu solusi untuk menghadirkan pelayanan kesehatan di tengah pusat kegiatan masyarakat.

Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru

Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru (via dilokasi.com)

Sebelumnya telah ada klinik serupa dengan konsep serupa, yakni klinik di Rumah Susun Tebet. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut bahwa program ini adalah bentuk keinginan pemerintah daerah agar warga Jakarta bisa lebih mudah dan dekat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Klinik yang berada di lantai 1 P1 Blok M Square ini bisa melayani keluhan kesehatan secara umum. Bukan hanya itu, klinik ini juga mempunyai ruang khusus untuk ibu menyusui. Pelayanan dokter umum bergilir dari hari Senin – Jumat yaitu mulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 3 sore. Hal ini tidak akan mengurangi tenaga dokter di Puskesmas induknya, Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, karena setiap puskesmas sudah mempunyai anggaran untuk mengontrak tenaga medis.

Pusat perbelanjaan Blok M Square di malam hari

Pusat perbelanjaan Blok M Square di malam hari (via wikimedia.org)

Dari 35 pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Jakarta Selatan, baru 1 klinik di bawah puskesmas kecamatan yang diberikan tempat khusus oleh pengelola. Ini adalah yang pertama kali dan tentunya kita berharap agar makin banyak pemilik dan pengelola pusat perbelanjaan yang bersedia memfasilitasi pelayanan kesehatan milik pemerintah. Minimal ada 1 klinik dibuka di setiap kecamatan yang terpisah dari puskesmas untuk lebih dekat ke masyarakat. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta milik Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.