Rahasia Sukses TechCrunch dan Mashable


Mashable dan Techcrunch

Mashable dan Techcrunch (via hivelocity.co.jp)

Halo Jakartans! TechCrunch dan Mashable adalah dua blog yang sangat populer di Amerika Serikat dan menyasar segmen pecinta teknologi dan sosial media. Kini, kedua situs ini telah menjadi media panutan masyarakat luas dalam mencari hal-hal yang berbau teknologi.

Pete Cashmore memulai Mashable saat berusia 19 tahun ketika ia sering bolak balik ke rumah sakit karena gangguan kesehatan, sedangkan Michael Arrington yang sebelumnya menjadi pengacara dan membuat beberapa perusahaan internet sebelum memulai TechCrunch di tahun 2005 dan berusia 35 tahun.

Pertanyaan sekarang adalah :

Bagaimana cara TechCrunch dan Mashable menjadi blog paling populer dalam pasar yang besar, teknologi? Mereka mengikuti langkah-langkah dasar yang powerful sebagai berikut :

1. Persempit target pasar Anda tapi pastikan tidak terlalu kecil.

Pengunjung blog Anda pastinya memiliki minat yang sama. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan banyak orang yang memiliki minat tersebut, atau Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari iklan atau proses monetizing yang serupa. Jika Mashable hanya membicarakan tentang “social network untuk orang tua”, maka mereka tidak akan sesukses sekarang, bahkan tidak setengahnya.

2. Tetap berfokus pada target pasar Anda, apapun yang terjadi.

Hal terburuk yang bisa terjadi adalah Anda mulai melompat dari satu target pasar ke yang lainnya, dan memulai berbagai macam blog. TechCrunch dan Mashable hanya selalu memiliki satu tujuan untuk mengantarkan berita teknologi, dan mereka bertahan pada niche tersebut.

3. Buat segala sesuatu menjadi sederhana.

TechCrunch dan Mashable membicarakan tentang teknologi, tapi mereka selalu berusaha agar konten mereka sesederhana dan sejelas mungkin. Hasilnya adalah, bahkan orang-orang yang tidak berkecimpung di dunia teknologi pun mengunjungi situs mereka setiap hari.

4. Isilah sebuah “gap” dengan blog Anda.

Mulai dari sebuah kebutuhan pasar. Jangan menjadi copy-cat yang meniru post di blog kompetitor, mengeditnya, dan meletakkannya di blog Anda. Buatlah konten-konten yang original. Hal ini adalah sebuah keharusan agar Anda bisa berbeda dari yang lain. Inilah alasan kenapa orang-oranng akan lebih dahulu mengunjungi TechCrunch sebelum membaca bagian teknologi di New York Times.

5. Konten yang banyak.

Kualitas konten selalu diutamakan. Tapi jika Anda ingin membuat blog yang bisa menghasil profit, Anda membutuhkan kualitas dan kuantitas sekaligus. Perhatikan berapa banyak post yang dipublikasikan TechCrunch dan Mashable setiap harinya. Anda tidak harus melakukannya secara persis, tapi mem-posting secara teratur adalah sebuah keharusan.

6. Bentuklah sebuah komunitas di sekeliling blog Anda.

Bagian dari kesuksesan sebuah blog yang populer adalah komunitas pembaca yang mereka miliki. Mereka bukanlah pengunjung yang datang setelah melakukan search di Google. Mereka adalah orang-orang yang mengunjungi situs tersebut setiap hari, menceritakannya pada teman-temannya, membuat Tweet tentang situs tersebut, dan seterusnya.

7. Tetap transparan.

Anda akan menyadari bahwa kedua blog ini benar-benar transparan dengan konten yang mereka miliki. Jika mereka tidak terlalu yakin akan sebuah berita, mereka akan menyatakannya. Bahkan TechCrunch pernah menulis sebuah post yang mengakui bahwa salah satu intern mereka dibayar oleh sebuah perusahaan untuk menulis review tentang perusahaan tersebut (mereka membayar dengan sebuah Macbook). Jadi, pastikan Anda tetap transparan jika ingin dipercaya oleh pembaca-pembaca Anda.

8. Tetap tekun dan bekerja keras.

Apakah Anda berpikir bahwa TechCrunch menjadi sebesar ini hanya dalam waktu 6 bulan? Mungkin satu tahun? Atau maksimal 2 tahun? Coba tebak lagi. Bulan Juni tahun ini, TechCrunch akan berumur 14 tahun. Kami percaya bahwa pada tahun-tahun pertama mereka adalah blog yang relatif kecil dan pendapatan mereka tidak mengalir deras. Tapi Mike Arrington tetap bertahan, karena dia memiliki sebuah visi.

Saat ini, TechCrunch dan Mashable telah dibeli oleh konglomerasi taipan. Tentunya dengan harga yang sangat wah! Sebanding dengan valuasi dari kedua situs tersebut.

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.