Scania, Bus Gandeng TransJakarta



Kenyamanan Bertambah, Keamanan Berlapis

Halo Jakartans! TransJakarta memiliki armada bus mumpuni yang menjadi simbol ketangguhan dalam mengangkut penduduk Jakarta tiap harinya. Bus buatan Eropa merk Scania itu berdesain articulated (gandeng), dan awalnya hanya beroperasi di beberapa rute koridor TransJakarta saja, tapi sejak tahun 2017 sudah beroperasi di seluruh koridor TransJakarta dengan kehadiran varian single bus-nya.

Pengadaan bus canggih ini dimulai pada tahun 2015 lalu di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Kala itu dengan kehadiran bus Scania yang modern, diharapkan PT TransJakarta dapat memberikan layanan transportasi yang lebih baik bagi publik. Pembelian bus angkutan massal andalan warga ibu kota telah memberikan pengalaman berkendara bus yang sangat berkesan bagi penduduk Jakarta selama ini.

Bus Gandeng TransJakarta merk Scania asal Swedia

Bus Gandeng TransJakarta merk Scania asal Swedia (via beritatrans.com)

Fitur yang diberikan bus Scania ini terbilang mewah dan aman dibandingkan dengan bus sebelumnya. Aspek keamanan meliputi materi bahan dasar bus, misalnya pelapis lantai, karpet, dan bahan interior yang dibuat dari bahan tahan api bersertifikat BASF.

Selain itu, ada tiga fitur keamanan yang diberikan. Yakni pintu tidak akan terbuka waktu bus berjalan, bus tidak bisa berjalan jika pintu terbuka, dan pintu akan kembali terbuka otomatis jika ada yang mengganjal. Bus Scania juga memiliki suspensi udara independen yang dikendalikan secara elektronik di tiap-tiap sumbu roda. Kendali elektronik tersebut mengendalikan ketinggian bus dengan suspensi udara berdasarkan beban dan kondisi jalan sehingga bus bisa beroperasi dengan nyaman setiap saat.

Dalam hal bahan bakar, mesin bus gandeng Scania sudah memenuhi standard emisi Euro VI yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Mesin ini sanggup menghemat bahan bakar hingga 1,5 kilometer untuk setiap satu liter setara premium (LSP).

Bus ini juga memiliki dua lubang pengisian bahan bakar, yang masing-masing berada di bagian kanan dan kiri bus. Bus ini cukup mengisi BBG satu kali setiap harinya sehingga mampu lebih lama beroperasi setiap harinya dan mengangkut lebih banyak penumpang.

Sebagai Agen Pemegang Merk Scania di Indonesia, PT United Tractors telah memberikan dukungan garansi produk untuk memastikan ketersediaan suku cadang, mekanik untuk perbaikan, dan layanan 24 jam Scania Contact Center. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Keunggulan Bus Scania

  • Daya tahan, standar keamanan serta kenyamanan tinggi, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.
  • Kapasitas hingga 140 orang dengan 39 kursi. Terdiri dari 6 kursi prioritas dan dua ruang kursi roda.
  • Empat kamera CCTV di dalam, dan di luar ada dua kamera CCTV, yakni di depan dan di belakang bus.
Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.