Selendang Mayang, Si Manis Khas Betawi


Halo Jakartans! Selendang Mayang – itulah salah satu penganan berupa es khas Betawi. Meski masih ada, tapi sudah jarang ditemui di Ibukota. Mungkin untuk mendapatkannya hanya ada beberapa pusat kebudayaan dan tempat wisata saja di Jakarta, seperti di Kota Tua, Ragunan, dan Setu Babakan.

Rasanya enak, manis, dan nikmat disantap selagi dingin. Meskipun penjualnya tidak sebanyak dulu, tapi bagi yang suka dengan kuliner daerah, Es Selendang Mayang menjadi minuman favorit yang selalu dicari dan dinanti-nanti. Ternyata, Es Selendang Mayang dibuat dengan resep yang sudah diturunkan dari nenek moyang sejak tahun 1940-an. Dulu, Es Selendang Mayang dijual berkeliling dengan cara dipikul. Hanya saja, saat ini sudah mulai jarang ditemukan pedagangnya. Dulu, minuman ini seringkali muncul di kampung-kampung Ibukota di manapun. Dengan pikulan khasnya, Es Selendang Mayang gampang diketahui meski tanpa tulisan pengenal.

Penjual es selendang mayang yang kian sulit ditemukan pada masa kini

Penjual es selendang mayang yang kian sulit ditemukan pada masa kini (via anggundiary.com)

 

Es Selendang Mayang khas Betawi

Es Selendang Mayang khas Betawi (republika.co.id)

Pada salah satu pikulan, sebuah loyang berisikan kue lapis dari tepung kanji atau sagu aren hanya ditutupi plastik atau daun. Dalam setiap lapisan memiliki warna merah, hijau, dan putih. Sementara di pikulan lainnya ada sirup gula merah dalam toples, satu termos es batu, dan satu toples kuah santan.

Dari dulu sampai sekarang, kita tidak susah untuk menemukan bahan-bahan pembuat es selendang mayang ini. Bahannya adalah sagu aren, tepung beras, atau hunkue (tepung dari kacang), yang dibuat menjadi adonan yang mirip dengan agar-agar.

Es selendang mayang biasanya perpaduan antara warna merah, hijau, dan putih. Gabungan ketiga warna ini membuatnya terlihat menarik. Mirip seperti warna selendang yang warna-warni, bukan? Kenapa jajanan ini disebut dengan Es Selendang Mayang. Karena setiap lapisannya terdiri dari beberapa warna dan disajikan dengan potongan tipis-tipis layaknya selendang. Bersama adonan yang telah dipotong-potong itu, ditambahkan siraman air gula, kuah santan, dan potongan es batu.

Es Selendang Mayang memiliki perpaduan warna yang menggugah selera

Es Selendang Mayang memiliki perpaduan warna yang menggugah selera (via travelingyuk.com)

Kata ‘selendang’ berasal dari warna warni kue yang jadi isian es selendang mayang. Meriahnya warna kue itu diibaratkan sebagai warna selendang. Sementara ‘mayang’ merujuk pada arti manis dan kenyal. Kue yang dimaksud pada es ini mirip kue lapis kanji. Warnanya merah, hijau dan putih yang membuatnya makin menarik.

Adonan kue dibuat dari tepung kanji atau sagu aren, gula, air, dan pewarna makanan. Adonan yang sudah matang kemudian dipotong tipis melebar seperti kue lapis sesaat sebelum es disajikan. Uniknya, untuk memotong kue ini digunakan bambu tipis.

Biasanya Es Selendang Mayang dijual dengan harga yang sangat terjangkau

Biasanya Es Selendang Mayang dijual dengan harga yang sangat terjangkau (via kompasiana.com)

Selanjutnya kue diracik bersama kucuran sirup gula merah dan  dan es batu, lalu disiram kuah santan. Rasanya manis dengan semburat rasa gurih dari pemakaian santan. Paling enak dimakan dingin-dingin agar menyegarkan. Dalam tradisi Betawi, Es Selendang Mayang biasanya disajikan saat pesta pernikahan, sebagai menu takjil atau acara hajatan bernuansa budaya Betawi. Menyantap es ini kabarnya melambangkan kehangatan dan kemeriahan.

Biasanya satu porsi selendang mayang dijual Rp 5.000. Sajian berlabel minuman jadul ini sudah populer sejak tahun 1940-an. Panasnya udara Jakarta, semakin membuat warga menantikan minuman khas ini. Apalagi, jajanan  ini dipercaya mampu menghilangkan panas dalam oleh sebagian penikmatnya. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.