Sunda Kelapa ke Pulau Seribu Mulai Rp 75 Ribu!



Moda Transportasi Terbaru ke Kepulauan Seribu

Halo Jakartans! Menyeberang ke Kepulauan Seribu kini tidak harus melalui Marina Ancol atau Kali Adem – Muara Angke. Bisa juga lewat Dermaga Sunda Kelapa, seiring di operasikannya kapal cepat KM Express Bahari 3B dengan 208 penumpang, sejak 10 Januari 2017 oleh PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI).

Pemerintah DKI Jakarta semakin memanjakan warganya. Setidaknya bagi warga darat maupun pulau yang ingin menuju ke dan dari Pulau Seribu. Berdasarkan informasi dari PELNI, selain di Sunda Kelapa, penumpang KM Express Bahari 3B bisa juga berangkat dari Pelabuhan Kali Adem – Muara Angke.

Express Bahari 3B menawarkan kenyamanan dan keamanan kepada para penggunanya, hal ini sebagai salah satu bakti pelayanan PELNI guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kapal cepat ini. Pihak manajemen dari KM Express Bahari 3B menawarkan beberapa tipe kelas, yaitu Ekonomi, Bisnis, dan VIP. Harga masing-masing kelas adalah Rp 75.000, Rp 100.000, dan Rp 125.000 untuk tujuan Pulau Tidung. Ini lebih cepat dibandingkan dengan transportasi kapal yang sudah ada, semisalnya KM Sabuk Nusantara 46.

KM Express Bahari 3B memilikikapasitas angkut hingga 208 orang dengan biaya yang relatif terjangkau

KM Express Bahari 3B memilikikapasitas angkut hingga 208 orang dengan biaya yang relatif terjangkau (via harnas.co)

Dengan kecepatan maksimal 20 knot, hanya perlu waktu 70 menit untuk bisa sampai di Pulau Tidung dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Saat sampai di Tidung, kapal akan segera kembali ke Sunda Kelapa. KM Express Bahari 3B dengan jumlah awak 6 orang adalah kapal prima yang dibuat pada tahun 2005. Kapal tersebut memiliki panjang 30 meter dengan dua tingkat bangunan yang seluruhnya dibuat dari material fiberglass.

Layanan Operasional Kapal

Untuk bisa menggunakan kapal tersebut, masyarakat cukup membeli tiket secara online maupun offline yang tersedia langsung di Sunda Kelapa. Sementara untuk tiket online, bisa diperoleh di sejumlah gerai seperti kantor pusat PT. Pelni, Tanjung Priok, dan gerai waralaba Indomaret. Sudah sepantasnya kita sebagai penduduk Jakarta menyambut positif atas beroperasinya KM Express Bahari 3B dari Sunda Kelapa ke Pulau Tidung. Operasionalnya adalah 2 kali per hari, dari Sunda Kelapa setiap pukul 08.00 WIB dan 13.30 WIB, serta dari Pulau Tidung setiap pukul 10.30 WIB dan 15.30 WIB. Diharapkan kelak bisa mewujudkan transportasi dari daratan Jakarta menuju Kepulauan Seribu dengan layanan yang lebih baik.

Otomatis, kita juga optimis dengan perkembangan ekonomi warga di Pulau Seribu yang nantinya akan semakin meningkat dengan hadirnya kapal express ini. Hal itu, karena sekarang wisatawan memiliki kemudahan akses ke pulau eksotis tersebut dan diberikan pilihan yang beragam.

Pemerintah DKI Jakarta berupaya untuk terus memperbaiki sarana dan prasarana transportasi, tidak hanya di darat melainkan juga dilaut

Pemerintah DKI Jakarta berupaya untuk terus memperbaiki sarana dan prasarana transportasi, tidak hanya di darat melainkan juga dilaut (via kompas.com)

Selama ini, warga Jakarta kalau ke Pulau Seribu hanya bisa naik kapal ojek nelayan dengan kualitas terbatas di pelabuhan Kali Adem, tentu dengan harga tiket murah. Sementara, di Ancol harga yang ditetapkan lebih mahal dengan fasilitas transportasi menggunakan kapal boat komersil yang berkualitas bagus.

Karena itu KM Express Bahari 3B ini menjadi solusi dan bisa memperbanyak alternatif tujuan kapal yang berangkat ke Kepulauan Seribu, dan hal ini juga merupakan sumbangsih kerja nyata dari pihak Kementerian Perhubungan yang sudah turut serta meningkatkan pelayanan transportasi laut bagi warga DKI Jakarta. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.