Taman “Instagrammable” di Monas


Halo Jakartans! Taman sisi barat Monas merupakan taman kecil yang asri, dan pastinya Instagrammable. Terletak di sisi barat Monumen Nasional atau Monas, kehadirannya menjadi ikon baru kawasan wisata di jantung Ibu Kota.

Sejak diresmikan 28 Maret 2018 lalu, Taman Sisi Barat Monas ini memang belum punya nama resmi. Masyarakat hanya menyebutnya sebagai “Taman Sisi Barat Monas”, alasannya karena lokasinya yang memang berada di kawasan Sisi Barat Monas. Dari pintu masuk di dekat patung kuda, taman ini hanya tinggal lurus menyusuri jogging track dengan aneka pepohonan di kanan kirinya. Sangat asri.

Taman Sisi Barat Monas yang asri

Taman Sisi Barat Monas yang asri (via twitter @sandiuno)

 

Banyak pepohonan rindang di Taman Sisi Barat Monas

Banyak pepohonan rindang di Taman Sisi Barat Monas (via twitter @sandiuno)

Taman sisi barat Monas bukanlah taman luas dengan area yang lapang. Taman ini kecil, namun mampu menyumbang suasana yang berbeda dari kawasan di sekelilingnya. Spot ini berada di antara rimbun pepohonan “hutan kota” Monas.

Saat siang hari, taman ini seperti menjadi oase yang menyejukkan dari Jakarta yang cukup terik. Menjelang sore hari, taman ini menjadi ramai. Biasanya pengunjung datang untuk mengambil foto bersama-sama atau haya sekadar berswafoto.

Sayangnya, untuk berfoto, pengunjung tidak terlalu leluasa. Apalagi jika ingin bersantai di taman buatan ini. Itu karena lokasi tak terlalu luas. Untuk mengambil gambar pun kerap harus mengantri. Apalagi jika Anda datang dengan banyak “pasukan” atau rombongan keluarga.

Suara gemercik air mengalir yang menentramkan jiwa

Suara gemercik air mengalir yang menentramkan jiwa (via twitter @sandiuno)

 

Walau tidak terlalu luas tetapi Taman Sisi Barat Monas sangat teduh dan nyaman untuk bersantai

Walau tidak terlalu luas tetapi Taman Sisi Barat Monas sangat teduh dan nyaman untuk bersantai (via twitter @sandiuno)

Taman Sisi Barat Monas ditata sangat instagrammable, laik foto. Pohon-pohon rindang yang menjulang memberikan kesan tak biasa. Teduh alami tapi seperti tak biasa untuk suasana kota Jakarta. Belum lagi kolam ikan buatan dengan gemercik air yang mengalir. Beberapa bangku taman yang dibuat dari kayu-kayu tua mempercantik dan menambah kesan alami.

Saat difoto, banyak pengunjung yang mengaku tidak menyangka kalau foto tersebut diambil di Taman Sisi Barat Monas. “Saya kira bukan di Jakarta. Rindang banget kaya di hutan belantara,” kata Rizky yang ditemui saat berfoto ria bersama rekan-rekannya di Taman Sisi Barat Monas beberapa waktu lalu.

Kolam ikan di Taman Sisi Barat Monas

Kolam ikan di Taman Sisi Barat Monas (via twitter @sandiuno)

 

Tanaman berbentuk hati yang keren untuk berfoto di Taman Sisi Barat Monas

Tanaman berbentuk hati yang keren untuk berfoto di Taman Sisi Barat Monas (via twitter @sandiuno)

Menurut Rizky, karena alasan itulah dia dan rekannya sengaja datang untuk berfoto di Taman Sisi Barat Monas. Ia tertarik untuk melihat langsung taman setelah melihat foto teman-temannya di Instagram. Rizky sendiri datang dari Bogor dengan menumpang kereta.

Sejak awal revitalisasi Taman Sisi Barat Monas, Pemprov DKI Jakarta memang ingin keberadaan taman ini memiliki ciri khas kekinian. Lokasi harus menjadi salah satu spot foto yang menarik di Jakarta, khususnya untuk kawasan wisata Monas. Bahkan untuk namanya pun juga wajib kekinian, karenanya sempat digelar sayembara untuk nama baru taman tersebut.

Akses Transportasi

  • KRL : Stasiun Juanda kemudian disambung dengan bus wisata turun di Monas.
  • TransJakarta : Rute TransJakarta via Halte Monas atau Halte Balaikota.

Jadi Ikon Baru

Sebagai kawasan wisata, Tugu Monas selama ini menjadi satu-satunya ikon wisata di kawasan Monas. Tugu setinggi 132 meter tersebut menjadi simbol sekaligus pusat kegiatan wisata dari kawasan tersebut. Keberadaan taman sisi barat Monas ini diharapkan bisa menjadi ikon baru selain Tugu Monas tentunya.

Mudah-mudahan Taman Sisi Barat Monas bisa menjadi magnet baru bagi mereka yang berwisata ke kawasan Monas untuk menikmati alam Jakarta yang ternyata masih indah.

Taman Sisi Barat Monas pantas sebagai ikon wisata baru Jakarta

Taman Sisi Barat Monas pantas sebagai ikon wisata baru Jakarta (via twitter @sandiuno)

Kawasan wisata Monas sendiri merupakan sebuah kawasan wisata taman hutan kota dengan tugu monumen nasional atau tugu monas sebagai pusatnya. Tugu dengan puncaknya yang terbuat dari emas ini dikelilingi oleh taman-taman asri sekitar 80 hektar. Selain untuk berekreasi, kawasan Monas juga menjadi tempat warga berinteraksi, bersosialisasi, dan juga berolahraga. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Bagikan :
Irvano

Irvano

Pemilik dan pengelola dari situs Jakartan.id. Silahkan menhubungi saya melalui email di irvano[at]jakartan.id atau irvano[at]dkijakarta.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.