Tips Aman Berkendara Umum di Jakarta


Tingkatkan kewaspadaan diri tiap menggunakan angkutan umum di Jakarta

Tingkatkan kewaspadaan diri tiap menggunakan angkutan umum di Jakarta (via monitor.co.id)

Halo Jakartans! Tak seperti di negara maju, image angkutan umum di Indonesia, khususnya di Jakarta memang terdengar cukup menakutkan. Macet, semrawut, ketidakpastian waktu, hingga ancaman kejahatan yang kerap mengintai para pengguna serta ketidak nyamanan lainnya. Semua gambaran buruk itu, harusnya bukan berarti membuat kita meninggalkan angkutan umum. Kembali ke angkutan umum, merupakan solusi kemacetan yang menggila di Jakarta. Agar bepergian dengan angkutan umum menjadi nyaman dan aman ada baiknya untuk mengikuti tips-tips berikut agar nyaman dan aman.

1. Cek Nomor Trayek dan Jurusan

Memastikan rute trayek dengan tujuan Anda merupakan hal utama mendapatkan kenyamanan menggunakan angkutan umum. Salah naik jurusan bisa membuat Anda bingung dan menjadi sasaran yang rentan untuk dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Pilih Angkot Berkaca Bening

Ada baiknya untuk memilih angkutan umum yang nyaman. Selain kondisinya angkutan yang baik. Sebaiknya pastikan kaca angkutan umum juga terang. Angkot yang memiliki kaca bening juga merupakan salah satu kontrol masyarakat. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat di luar bisa melihat dan memudahkan untuk meminta bantuan ke masyarakat.

3. Lebih Baik Pilih Angkutan Umum Dengan Supir Berseragam dan Identitas Jelas

Jika menggunakan angkutan umum seperti taksi, perhatikan baik-baik ID yang mereka gunakan. Catat nama pengemudi dan nomor lambung mobil. Di luar taksi, saat ini sebagian besar pengemudi angkutan umum juga dilengkapi dengan seragam dan tanda pengenal. Supir yang seperti ini sudah terdaftar sebagai supir angkutan umum resmi. Bila perlu, beritahu keluarga terdekat melalui pesan singkat tentang nama supir, identitas, dan kendaraan yang Anda naiki. Sehingga lebih mudah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Jangan Tidur di Dalam Angkutan Umum

Meskipun telah lelah melakukan perjalanan seharian, jangan sampai Anda tertidur di dalam perjalanan menggunakan angkutan umum. Ini sangat berbahaya, karena membuka peluang untuk orang-orang melakukan tindakan kejahatan, seperti pencopetan dan penculikan.

5. Hindari Menerima Makanan dan Minuman dari Orang Tidak Dikenal

Sebaik apapun orang yang Anda temui, jangan pernah mau menerima makanan dan minuman dari orang asing. Hal ini untuk mencegah pembiusan yang marak terjadi.

6. Jangan Menarik Perhatian

Artinya, tidak mengenakan perhiasan berlebihan atau mengenakan pakaian yang mengundang perhatian. Terkadang penampilan yang mencolok juga bisa mengundang orang untuk melakukan kejahatan.

7. Bawa Alat

Bila memungkinkan, bawa alat-alat yang bisa dipakai senjata. Tidak perlu senjata tajam atau senjata api. Gas air mata dalam ukuran kecil atau gelang sekalipun dapat menjadi senjata awal untuk menghindari kejahatan.

8. Segera Turun

Percaya pada kata hati. Bila merasakan ada sesuatu yang tidak beres, putuskan untuk segera turun dan pindah angkutan. Intuisi Anda tidak akan salah.

9. Lapor Polisi

Jika mendapati ada tindak kejahatan, segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor 021 5276001 dan SMS 1717.

(Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.