Tips Seru dan Aman Bermain di RPTRA


Halo Jakartans! Aktivitas luar ruangan menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Selain berdampak positif terhadap perkembangan fisik, juga positif pula terhadap perkembangan psikisnya. Misalnya kemampuan berpikir, berbahasa, bersosialisasi, hingga emosinya.

Dari segi fisik, berlari-lari kecil di luar ruangan mampu merangsang pertumbuhan otot anak. Karena dengan berlari kecil anak lebih sering menggerakkan kaki. Apalagi bila ditambah gerakan tangan, seperti melempar bola. Secara psikis, melalui aktivitas luar ruang, anak dapat juga berlatih komunikasi, berpikir melalui bernyanyi, bercerita, serta bermain tebak-tebakan.

Selain itu, bermain bersama di luar ruangan dapat melatih jiwa anak untuk saling berbagi, saling membantu, serta sedih dan senang bersama.

Anak-anak dengan riang gembira bermain di RPTRA Lenteng Agung

Anak-anak dengan riang gembira bermain di RPTRA Lenteng Agung (via beritajakarta.id)

Untuk kebutuhan itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan Ruang Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang bisa dimanfaatkan sebagai taman bermain untuk untuk beragam aktivitas mereka. Namun, sebagai ruang publik, anak-anak juga harus diberi panduan agar kegiatan atau aktivitas yang mereka lakukan di RPTRA lebih menyenangkan serta tentu saja tidak membahayakan keselamatan mereka.

Tips Sebelum ke RPTRA

Setiap RPTRA di lengkapi sejumlah peralatan bermain seperti ayunan hingga perosotan. Cek terlebih dahulu apakah peralatan permainan yang ada dalam kondisi bagus. Misalnya ada yang berkarat atau bahkan lepas bagian bautnya. Jika menemukan kerusakan segera lapor pada petugas RPTRA setempat agar segera diperbaiki.

RPTRA adalah area publik, sehingga dipastikan tidak hanya anak Anda saja yang memanfaatkannya, tapi seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, ajari anak untuk tertib dan menunggu giliran atau antri.

RPTRA didesain dengan beragam permainan untuk anak. Namun ada baiknya untuk memastikan bahwa permainan yang dipilih memang telah sesuai dengan usia anak Anda.

Ajarkan anak untuk tidak menghalangi anak lain untuk bermain. Misalnya saat bermain perosotan, bila sudah selesai meluncur harus segera berdiri untuk memberi kesempatan anak yang lain.

Ajarkan sopan santun dalam bermain bersama di RPTRA, misalnya tidak mendorong atau menarik-narik anak lainnya, serta tidak berebut atau menarik anak yang sedang naik tangga agar tidak terjatuh dan lain sebagainya.

Ajarkan anak untuk bermain sesuai dengan aturan dan petunjuk permainannya. Misalnya saat meluncur dengan kaki dahulu di perosotan. (Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Media Jaya)

Sebarkan artikel :

Jakartan ID

Blog yang bercerita tentang kehidupan di Ibukota Jakarta. Mengulas segala hal sosial, wisata, kuliner, dan gaya hidup warga Jakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten Situs Terlindungi.